Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pemerintah Siap Lelang 8 Wilayah Kerja Migas, Apa Saja?

Pemerintah berencana menawarkan delapan wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi konvensional melalui penawaran langsung dan lelang reguler.
Fauzul Muna
Fauzul Muna - Bisnis.com 21 Januari 2015  |  23:36 WIB
Kilas migas.  -
Kilas migas. -

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah berencana menawarkan delapan wilayah kerja (WK) minyak dan gas bumi konvensional melalui penawaran langsung dan lelang reguler.

I Gusti Nyoman Wiratmadja, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, mengatakan empat wilayah kerja akan ditawarkan melalui penawaran langsung dan empat WK lainnya akan ditawarkan melalui lelang reguler.

“Kedelapan wilayah kerja tersebut akan dilelang pada 2015,” katanya dalam Rapat dengar Pendapat dengan Komisi VII, Selasa Malam (20/1/2015).

Empat wilayah kerja yang ditawarkan melalui penawaran langsung yaitu WK Rupat Riau dan Sumatra Utara (offshore), WK North Jabung Riau dan Jambi (onshore), WK Southwest Bengara (onshore), dan WK West Berau Papua Barat (offshore).

Sementara itu wilayah kerja migas yangg ditawarkan melalui tender reguler adalahWest Asri Lampung (offshore), WK Oti Kalimantan Timur (offshore), WK North Adang Sulawesi Barat (offshore), WK Kasuri II Papua (onshore).

Berdasarkan data Kementerian ESDM, jumlah wilayah kerja konvensional terus meningkat tiap tahunnya. Peningkatan terjadi dari 228 wilayah kerja pada 2009 menjadi 320 wilayah kerja pada 1 Juli 2014. Wiratmadja mengklaim kondisi tersebut menunjukkan investor masih tertarik menamkan modal di sektor migas di Indonesia.

Sedangkan wilayah kerja migas non konvensional seperti gas metana batubara (coal bed methane/CBM), saat ini berjumlah 55 wilayah kerja sejak pertama kali ditandatangani pada 2008 silam. Selain itu, penandatanganan pertama kontrak kerja sama shale gas telah dilakukan pada 2013.

Kementerian ESDM mencatat total wilayah kerja konvensional dan non konvensional per 1 Juli 2014 mencapai 320 wilayah kerja dengan rincian 58 wilayah kerja produksi, 22 wilayah kerja pengembangan, dan 240 wilayah kerja eksplorasi.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

migas wilayah kerja
Editor : Setyardi Widodo

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top