Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

HUTANG PDAM : Pemerintah Optimis Restrukturisasi Tuntas 2017

Pemerintah menargetkan permasalahan hutang Perusahaan Daerah Air Minum sebesar Rp4,7 triliun dapat rampung seluruhnya pada 2017.
Instalasi Air Bersih/Antara
Instalasi Air Bersih/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah menargetkan permasalahan hutang Perusahaan Daerah Air Minum sebesar Rp4,7 triliun dapat rampung seluruhnya pada 2017.

Tamin M Zakaria, Kepala Badan Pendukung Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum menyatakan penyelesaian tunggakan perusahaan daerah air minum (PDAM) telah diupayakan semenjak tahun 2008. Kala itu, katanya, melalui peraturan menteri keuangan No. 120/PMK.05/2008 penyehatan dilakukan dengan menetapkan rencana bisnis dengan target-target terukur.

Sedikitnya ada delapan target yang harus dipenuhi PDAM guna peningkatan kinerja yaitu proyeksi kenaikan tarif (full cost recovery), tingkat kehilangan air, cakupan layanan, jumlah pegawai per 1.000 pelanggan, jangka waktu penagihan, laporan laba atau rugi, investasi dan saldo kas PDAM.

Berdasarkan evaluasi kita dari 205 PDAM yang mempunyai utang, 30 PDAM yang lancar, dan 175 PDAM yang direkstrukturisasi utangnya, jelas Tamin di Jakarta, Kamis (11/12/2014).

Lebih lanjut ia menjelaskan, dari 175 PDAM yang menunggak itu 76 PDAM sudah mendapat persetujuan dari bersyarat Menteri Keuangan untuk dilakukan rekstrukturisasi, 10 PDAM memutuskan menyelesaikan hutang tampa restrukturisasi, 62 PDAM sedang menunggu persetujuan kementerian keuangan sementara sisanya 28 PDAM lainnya diserahkan ke Panitia Urusan Piutang Negara (PUPN) untuk ditagih. Ditargetkan masalah restrukturisasi hutang ini tuntas pada 2017.

Pemerintah menargetkan pada 2015 terdapat 106 PDAM yang telah menyelesaikan permasalahan hutangnya, pada 2016 jumlah ini meningkat menjadi 136 PDAM dan 2017 seluruh PDAM telah merampungkan permasalahan tunggakan hutangnya. (Bisnis.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Sumber : Bisnis.com

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper