Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Telkom Bantu TIK Nelayan Muara Angke

Sebagai bentuk dukungan terhadap gagasan poros maritim, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) memberikan bantuan di sisi teknologi infomasi dan komunikasi.
Ilustrasi/Antara
Ilustrasi/Antara

Bisnis.com, JAKARTA--Sebagai bentuk dukungan terhadap gagasan poros maritim, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) memberikan bantuan di sisi teknologi infomasi dan komunikasi.

Bentuk dukungan Telkom adalah dengan membangun integrasi ekosistem digital oleh perseroan terhadap program Presiden Jokowi yang berencana mengembangkan infrastruktur fisik dan non-fisik di 1.000 kampung nelayan di seluruh Indonesia.

Telkom membantu penguatan infrastruktur TIK (teknologi informasi dan komunikasi yang diharapkan mampu mengintegrasikan seluruh ekosistem terkait langsung dengan kampung nelayan secara digital.

Untuk itu, Telkom menjalin kerja sama dengan UPT (unit pelaksana teknis) Pengelola Kawasan Pelabuhan Perikanan dan Pelabuhan Pendaratan Ikan (PKPP dan PPI) Muara Angke.

Kerjasama ini merupakan pilot project sehingga Muara Angke diharapkan menjadi purwarupa sebagai referensi bagi kampung nelayan lain yang terintegrasi secara digital, yang juga sejalan dengan program Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) terkait pendataan kapal dan monitoring penyaluran solar bersubsidi.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom, Muhammad Awaluddin mengatakan perseroan berkomitmen untuk membantu segala potensi bisnis di masyarakat.

Perseroan telah menyiapkan layanan seperti pemasangan 21 poin akses Wi-Fi di pelbagai lokasi termasuk kantor UPT, TPI, pengolahan ikan, dan pusat jajan sebar ikan alias pujaseri.

Selain itu, perseroan juga memasang 5 titik CCTV, mobile combat penguat sinyal, TV Wall berkonten informasi cuaca, ketinggian gelombang laut, iklim harian, hingga harga ikan, di samping penyediaan data lain yang dibutuhkan nelayan.

“Kami ingin TPI atau Tempat Pelelangan Ikan ini sekaligus juga menjadi Tempat Pusat Informasi (TPI) terkait berbagai hal guna menunjang aktivitas nelayan dan operasional UPT PKPP dan PPI Muara Angke," ucap Awaluddin.

Ke depan, ujar Awaluddin, UPT PKPP dan PPI Muara Angke akan lebih mudah memonitor lokasi kapal, proses perizinan dan masa izin kapal, monitoring pemakaian bahan bakar minyak termasuk akan diimplementasikannya teknologi fish finder dan teknologi tracing and tracking untuk kapal nelayan yang sedang melaut, vessel management system dan termasuk juga satellite communication dan broadband maritime.

Di samping penyediaan infrastruktur Wifi dan Mobile Combat Telkomsel, Telkom juga menawarkan berbagai aplikasi seperti BosToko dan SmartBisnis untuk menunjang kegiatan usaha bagi para pelaku bisnis di sektor perikanan lainnya di sekitar TPI Muara Angke.

“Kami melayani seluruh pihak stakeholder yang terkait ekosistem Kampung Nelayan ini dengan berbagai layanan dan aplikasi demi kemajuan Kampung Nelayan Muara Angke,” pungkas Awaluddin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sanjey Maltya
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper