Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

66 SPDN Butuh Revitalisasi

PT Pertamina (Persero) menyatakan terdapat 66 solar package dealer nelayan (SPDN) di Indonesia yang membutuhkan revitalisasi fasilitas agar pelayanan distribusi bahan bakar bersubsidi bisa lebih efisien.

Bisnis.com, TANGERANG – PT Pertamina (Persero) menyatakan terdapat 66 solar package dealer nelayan (SPDN) di Indonesia yang membutuhkan revitalisasi fasilitas agar pelayanan distribusi bahan bakar bersubsidi bisa lebih efisien.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya Yuktyanta mengatakan total seluruh SPDN di Indonesia mencapai 257 unit. Namun, total lembaga penyalurnya mencapai 1.277 unit karena ada 481 stasiun pengisian bahan bakar umum yang melayani nelayan dan agen premium dan minyak solar (APMS) sejumlah 287 unit.

“Ada 66 SPDN yang mendesak perlu fasilitas sehingga perlu adanya revitalisasi,” katanya di pelabuhan nelayan Tanjung Pasir, Tangerang Banten, Selasa (11/11/2014).

Menurutnya, selama ini nelayan masih banyak nelayan yang membeli Solar di SPBU sehingga menambah ongkos angkut karena jaraknya yang jauh. Selain itu, juga ada permasalahan perizinan mengenai pembelian menggunakan jerigen.

Untuk mengatasi hal itu, jelasnya, Pertamina akan memberikan 10 paket SPDN mobile yang akan segera didistribusikan di lokasi pendaratan ikan melalui program CSR. Hanya saja, jelasnya, khusus untuk SPDN Tanjung Pasir, Pertamina akan mengganti dispenser Solar karena kondisi yang sekarang terpasang sudah usang dan masih manual.

“Ini gratis dari Pertamina dan paling lama seminggu akan berada di lokasi,” ujarnya.

Sementara itu, Vice President Fuel Retail Marketing Pertamina Mochamad Iskandar mengatakan SPDN mobile tersebut bukan dalam bentuk mobil yang bisa ditansportasikan kemana saja, melainkan sebuah SPDN yang bisa dipindahkan dan tidak berbentuk truk.

“Khusus untuk penggantian di SPDN Tanjung Pasir kemungkinan akan menggunakan yang digital, karena dispenser manual sudah tidak ada lagi. Kalau dispenser baru harganya sekitar Rp100 juta,” katanya.

Assistant Manager External Relation Marketing Operation Region (MOR) 3 Pertamina Milla Suciyani mengatakan SPDN di wilayah Banten ada 3 unit dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) 1 unit. Sementara untuk wilayah MOR 3 yang meliputi Banten, Jawa Barat dan DKI Jakarta ada 12 SPDN.

“Alokasi Solar per bulan untuk nelayan di Banten 600 kiloliter,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lukas Hendra TM
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper