Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JK Ingin Setiap Acara Pemerintahan Pakai Buah Lokal

Wakil Presiden Jusuf Kalla mewacanakan konsumsi buah lokal dalam setiap acara yang diselenggarakan oleh institusi pemerintahan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla mewacanakan konsumsi buah lokal dalam setiap acara yang diselenggarakan oleh institusi pemerintahan.

Wacana tersebut dituturkan JK dalam penutupan Rapat Koordinasi Nasional Kabinet Kerja bersama Gubernur, Kapolda, dan Kabinda Seluruh Indonesia yang berlangsung di Kementerian Dalam Negeri, Selasa (4/11/2014).

Munculnya gagasan tersebut didorong oleh pengalaman Wapres saat melaksanakan kunjungan kerja ke berbagai daerah di Indonesia.

"Setiap ke daerah, di mobil itu pasti ada buah, umumnya anggur dan apel yang impor," ujar JK.

Ke depan, JK mengusulkan agar konsumsi buah-buahan dalam acara yang diselenggarakan pemerintah harus menggunakan buah lokal. Hal tersebut dilakukan untuk memberdayakan petani buah lokal dan menekan impor yang tidak perlu.

"Setiap acara pemerintah harus buah lokal. Tidak boleh lagi anggur, apel yang impor," tuturnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, impor buah Indonesia sepanjang 8 bulan pertama 2013 mencapai US$460 juta atau sekitar Rp5,15 triliun.

Dalam forum tersebut, Wapres juga mewacanakan moratorium pembangunan gedung kantor pemerintah dalam 5 tahun ke depan. Menurutnya, aset gedung kantor pemerintah saat ini sudah lebih dari cukup.

"Pusat dan daerah tidak boleh membangun gedung kantor baru dalam 5 tahun ke depan. Di daerah, bangun dulu pengairan, baru kantor desa," kata Kalla.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sepudin Zuhri
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper