Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Industri Hilir Teh Mendesak Dikembangkan

Untuk mengatasi masalah penurunan harga jual yang dihadapi petani, pemerintah perlu mendorong pembangunan industri hilir teh nasional sehingga memberikan nilai tambah dalam penjualan komoditas ini di pasar internasional.
Arif Gunawan
Arif Gunawan - Bisnis.com 28 Oktober 2014  |  21:39 WIB

Bisnis.com, JAKARTA -- Untuk mengatasi masalah penurunan harga jual yang dihadapi petani, pemerintah perlu mendorong pembangunan industri hilir teh nasional sehingga memberikan nilai tambah dalam penjualan komoditas ini di pasar internasional.

Wakil Ketua Bagian Pemasaran Dewan Teh Indonesia Farid Akbani mengatakan saat ini teh kemasan yang punya merek kuat di pasar global masih dikuasai negara asing dan Indonesia belum punya merek teh kemasan yang bisa bersaing di pasar minuman teh dunia.

Farid juga mencontohkan negara Kenya yang saat ini tampil sebagai salah satu negara produsen teh besar dunia, mampu mengangkat nama dan merek teh Kenya Tea di pasar global dan menjual produk teh olahan dan kemasan mereka dengan harga tinggi.

"Jika pemerintah aware dengan potensi penjualan teh di pasar global, seharusnya sudah mulai berpikir untuk mendorong hilirisasi, selain itu juga perlu memberikan penyuluhan kepada petani dalam mengolah daun teh mereka sesuai standard," katanya kepada Bisnis.com Selasa (28/10/2014).

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

teh industri hilir
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode Bisnis Indonesia Logo Epaper
To top