Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Genjot Efisiensi, Pertamina Baurkan LNG dan Solar Untuk Kendaraan Tangki

PT Pertamina mengujicoba sekaligus meresmikan pemanfataan LNG dalam pencampuran bahan bakar pada mobil tangki BBM Pertamina dengan Solar Nonsubsidi dan LNG sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah mengenai bauran energi.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—PT Pertamina mengujicoba sekaligus meresmikan pemanfataan LNG dalam pencampuran bahan bakar pada mobil tangki BBM Pertamina dengan Solar Nonsubsidi dan LNG sebagai bentuk dukungan kepada pemerintah mengenai bauran energi.

Uji coba itu dilakukan pada lima unit mobil tangki BBM Pertamina di Terminal BBM Balikpapan dengan memasang converter kit pada masing-masing mobil yang memiliki dual fuel system.

Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya mengatakan uji coba tersebut menghasilkan tingkat efisiensi yang memuaskan.

“Hasil ujicoba dengan kombinasi 43% Solar dan 57% LNG dihasilkan efisiensi di atas 14% apabila dibandingkan dengan hanya menggunakan Solar 100%,” tuturnya kepada wartawan, Senin (27/10/2014)

Dia mengatakan, pihaknya berencana akan mengaplikasikan pembauran bahan bakar ini di seluruh unit mobil tangki milik Pertamina. Saat ini, Pertamina sendiri memiliki 2.100 mobil tangki BBM yang dapat dikonversikan.

Menurutnya, dengan melakukan konversi atau pembauran bahan bakar, Pertamina dapat mengurangi kuota penggunaan Solar bagi mobil-mobil tangki milik Pertamina dalam jumlah yang signifikan, yakni  sekitar 3.500 KL per bulan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper