Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengusaha CPO Mogok, Pelindo II Pastikan Pelayanan di Teluk Bayur Lancar

PT Pelindo II cabang Teluk Bayur memastikan pelayanan di pelabuhan terbesar di pantai barat Pulau Sumatra itu tetap lancar, meski ada pemogokan sejumlah pengusaha CPO akibat kenaikan tarif bongkar muat.
Heri Faisal
Heri Faisal - Bisnis.com 21 Oktober 2014  |  11:18 WIB

Bisnis.com, PADANG—PT Pelindo II cabang Teluk Bayur memastikan pelayanan di pelabuhan terbesar di pantai barat Pulau Sumatra itu tetap lancar, meski ada pemogokan sejumlah pengusaha CPO akibat kenaikan tarif bongkar muat.

Zulhasman, General Manager PT Pelindo II cabang Teluk Bayur mengatakan pelayanan di pelabuhan tersebut tidak akan terganggu sama sekali.

“Pelayanan tetap seperti biasa. Hanya untuk bongkar muat CPO, kami hanya melayani pengusaha yang sepakat dengan tarif yang sudah ditetapkan,” katanya di Padang, Senin (20/10/2014).

Sebelumnya, Pelindo II sebagai operator pelabuhan Teluk Bayur menaikkan tarif handling atau bongkar muat CPO dari Rp8.686 per ton menjadi Rp30.000 per ton. Kenaikan itu dianggap terlalu besar dan memberatkan pengusaha.

Namun, Zulhasman beralasan tarif tidak pernah naik sejak 2008. Pelindo II, tegasnya, juga sudah menghabiskan anggaran Rp275 miliar untuk investasi perbaikan dermaga dan perbaikan layanan lainnya yang menguntungkan pengusaha.

“Jauh-jauh hari sudah kami sampaikan, bahwa akan ada kenaikan. Dulu tidak dinaikkan karena pelayanan di pelabuhan belum memadai, kami tidak ingin dikomplain. Sekarang pelayanan sudah sangat bagus dan cepat, wajar naik,” katanya.

Dia mengatakan tarif Rp30.000 per ton tersebut, tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan pelabuhan lainnya di Indonesia. Palembang misanya, menerapkan tarif Rp33.000 per ton, begitu juga dengan pelabuhan di Banten yang mencapai Rp32.000 per ton.  


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pelabuhan teluk bayur
Editor : Nurbaiti

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top