Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Asita: Bisnis Online Ticketing, Serangan Fajar Bagi Biro Perjalanan

Bisnis online ticketing yang kini tengah merebak dianggap serangan fajar bagi 6.000 biro perjalanan yang bernaung di bawah Asita.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Bisnis online ticketing yang kini tengah merebak dianggap serangan fajar bagi 6.000 biro perjalanan yang bernaung di bawah Asita.

Ketua Asita Indonesia Asnawi Bahar mengatakan sistem pembelian tiket online tak semestinya dibiarkan saja baik oleh maskapai ataupun oleh pemerintah. Apalagi, Asita selaku mitra pariwisata pemerintah, merasa dirugikan dengan adanya bisnis tersebut.

“Itu mengurangi market share kami yang domestik sekitar 70%, dan yang internasional 80%. Kenapa sistem maskapai bisa dimasuki secara online? Sistemnya kan terkoneksi,” katanya, Kamis (16/10/2014).

Dia pun menyayangkan pihak maskapai yang membiarkan hal ini terjadi. Meskipun sistem pembelian tiket online maskapai telah dimasuki secara ilegal, tiket penerbangan tetap terjual laris sehingga pihak maskapai pun diuntungkan.

“Apalagi mereka bisa menjual harga yang lebih murah daripada kami. Saat ini kami dan Garuda membuat pokja untuk mengevaluasi itu,” tambahnya.

Lebih lanjut, Asnawi berpendapat bahwa dengan semakin mudahnya teknologi dan semakin meleknya masyarakat terhadap teknologi, akan membuat usaha biro perjalanan rentan akan tersingkir oleh bisnis tiket online yang belum tentu memiliki badan hukum.

“Karena itu, kami mengantisipasi dengan mengembangkan IT. Dan kami minta pemerintah harus konsisten, travel biro kan harus berbadan hukum, akta notarisnya saja khusus,” tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper