Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asita: Bisnis Online Ticketing, Serangan Fajar Bagi Biro Perjalanan

Bisnis online ticketing yang kini tengah merebak dianggap serangan fajar bagi 6.000 biro perjalanan yang bernaung di bawah Asita.
Nadya Kurnia
Nadya Kurnia - Bisnis.com 16 Oktober 2014  |  15:24 WIB
Asita: Bisnis Online Ticketing, Serangan Fajar Bagi Biro Perjalanan
/Ilustrasi

Bisnis.com, BALIKPAPAN—Bisnis online ticketing yang kini tengah merebak dianggap serangan fajar bagi 6.000 biro perjalanan yang bernaung di bawah Asita.

Ketua Asita Indonesia Asnawi Bahar mengatakan sistem pembelian tiket online tak semestinya dibiarkan saja baik oleh maskapai ataupun oleh pemerintah. Apalagi, Asita selaku mitra pariwisata pemerintah, merasa dirugikan dengan adanya bisnis tersebut.

“Itu mengurangi market share kami yang domestik sekitar 70%, dan yang internasional 80%. Kenapa sistem maskapai bisa dimasuki secara online? Sistemnya kan terkoneksi,” katanya, Kamis (16/10/2014).

Dia pun menyayangkan pihak maskapai yang membiarkan hal ini terjadi. Meskipun sistem pembelian tiket online maskapai telah dimasuki secara ilegal, tiket penerbangan tetap terjual laris sehingga pihak maskapai pun diuntungkan.

“Apalagi mereka bisa menjual harga yang lebih murah daripada kami. Saat ini kami dan Garuda membuat pokja untuk mengevaluasi itu,” tambahnya.

Lebih lanjut, Asnawi berpendapat bahwa dengan semakin mudahnya teknologi dan semakin meleknya masyarakat terhadap teknologi, akan membuat usaha biro perjalanan rentan akan tersingkir oleh bisnis tiket online yang belum tentu memiliki badan hukum.

“Karena itu, kami mengantisipasi dengan mengembangkan IT. Dan kami minta pemerintah harus konsisten, travel biro kan harus berbadan hukum, akta notarisnya saja khusus,” tukasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

asita tiket
Editor : Rachmad Subiyanto

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top