Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

BPPI: Indonesia Lemah dalam Bidding MICE

Salah satu kendala dalam pengembangan industri MICE (pertemuan, insentif, konvensi dan eksebisi) di Indonesia adalah lemahnya bidding atau penawaran untuk melakukan kegiatan berskala internasional di dalam negeri.
Nenden Sekar Arum
Nenden Sekar Arum - Bisnis.com 30 September 2014  |  20:13 WIB
Ilustrasi - Bisnis.com
Ilustrasi - Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA – Salah satu kendala dalam pengembangan industri MICE (pertemuan, insentif, konvensi dan eksebisi) di Indonesia adalah lemahnya bidding atau penawaran untuk melakukan kegiatan berskala internasional di dalam negeri.

Ketua Badan Promosi Pariwisata Indonesia (BPPI) Wiryanti Sukamdani menjelaskan dengan lemahnya bidding yang merupakan salah satu proses penyelenggaraan kegiatan MICE tersebut membuat Indonesia sering kehilangan kesempatan emas.

Menurutnya, pemerintah dan pemangku kepentingan lainnya harus memiliki daya tawar, misalnya dalam penyelenggaraan satu kegiatan internasional harus diikuti dengan penyelenggaraan kegiatan lanjutannya dalam paket yang menarik.

“Karena tidak ada bidding yang kuat, event Konferensi APEC tahun lalu di Bali hanya berlangsung pada saat itu saja, setelah itu hilang. Padahal bisa dimanfaatkan agar dampaknya bisa berlanjut,” paparnya saat diskusi bertema Indonesia Sebagai Surga MICE Dunia di Jakarta, Selasa (30/9/2014).

Yanti mencontohkan salah satu negara yang memiliki bidding yang kuat adalah Thailand, hal tersebut didukung oleh peran pemerintah dengan dibentuknya departemen khusus yang mengurusi konferensi dan eksebisi.

Pemerintah juga tidak segan memberikan insentif kepada para peserta konferensi untuk menghabiskan waktu lebih lama di negaranya.

Namun, Yanti juga mengakui proses bidding tersebut tidak mudah, pasalnya persaingan dengan negara lain cukup tinggi, ditambah dengan kesiapan Indonesia terkait infrastuktur dan fasilitas pendukung lainnya yang masih minim.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mice bppi wisata mice
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top