Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RAPBN 2015: Dana Kompensasi Kenaikan BBM Disiapkan Rp5 Triliun

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp5 triliun dalam RAPBN 2015 untuk cadangan perlindungan sosial jika pemerintahan baru menaikkan harga BBM subsidi.
Menkeu Chatib Basri /Antara
Menkeu Chatib Basri /Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan anggaran Rp5 triliun dalam RAPBN 2015 untuk cadangan perlindungan sosial jika pemerintahan baru menaikkan harga BBM subsidi.

Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengatakan anggaran itu untuk bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) selama Januari-Maret jika presiden terpilih Joko Widodo menaikkan harga BBM subsidi November tahun ini.

Pemerintahan SBY jauh-jauh hari pun telah menyiapkan cadangan perlindungan sosial Rp5 triliun dalam APBN Perubahan 2014. Sayangnya, Kepala Negara tidak berani menaikkan harga BBM pada masa akhir pemerintahannya.

"BLSM itu biasanya diberikan selama lima bulan. Jadi, pemerintah saat ini menyiapkan untuk November-Desember. Tiga bulan berikutnya oleh pemerintahan baru," kata Chatib seusai rapat kerja pembahasan RAPBN 2015 dengan Badan Anggaran DPR, Senin (22/9/2014) malam.

Cadangan perlindungan sosial 2015 didapat setelah Panitia Kerja Asumsi Makro, Pendapatan, Defisit, dan Pembiayaan RAPBN 2015 merancang optimalisasi pada sisi pendapatan negara dan penghematan pada sisi belanja.

Langkah itu untuk sementara menghasilkan kelebihan pembiayaan Rp49,7 triliun. Selain untuk cadangan perlindungan sosial, pemerintah mengusulkan agar dana hasil pembahasan Panja A itu digunakan untuk cadangan penyesuaian anggaran pendidikan Rp3,2 triliun, belanja optimalisasi Rp15,5 triliun, pengurang surat berharga negara (SBN) neto Rp27,9 triliun serta pembayaran bunga utang Rp1,8 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper