Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

RAPBN 2015: Dana Kompensasi Kenaikan BBM Disiapkan Rp5 Triliun

Pemerintah menyiapkan anggaran Rp5 triliun dalam RAPBN 2015 untuk cadangan perlindungan sosial jika pemerintahan baru menaikkan harga BBM subsidi.
Sri Mas Sari
Sri Mas Sari - Bisnis.com 23 September 2014  |  00:30 WIB
RAPBN 2015: Dana Kompensasi Kenaikan BBM Disiapkan Rp5 Triliun
Menkeu Chatib Basri - Antara
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah menyiapkan anggaran Rp5 triliun dalam RAPBN 2015 untuk cadangan perlindungan sosial jika pemerintahan baru menaikkan harga BBM subsidi.

Menteri Keuangan M. Chatib Basri mengatakan anggaran itu untuk bantuan langsung sementara masyarakat (BLSM) selama Januari-Maret jika presiden terpilih Joko Widodo menaikkan harga BBM subsidi November tahun ini.

Pemerintahan SBY jauh-jauh hari pun telah menyiapkan cadangan perlindungan sosial Rp5 triliun dalam APBN Perubahan 2014. Sayangnya, Kepala Negara tidak berani menaikkan harga BBM pada masa akhir pemerintahannya.

"BLSM itu biasanya diberikan selama lima bulan. Jadi, pemerintah saat ini menyiapkan untuk November-Desember. Tiga bulan berikutnya oleh pemerintahan baru," kata Chatib seusai rapat kerja pembahasan RAPBN 2015 dengan Badan Anggaran DPR, Senin (22/9/2014) malam.

Cadangan perlindungan sosial 2015 didapat setelah Panitia Kerja Asumsi Makro, Pendapatan, Defisit, dan Pembiayaan RAPBN 2015 merancang optimalisasi pada sisi pendapatan negara dan penghematan pada sisi belanja.

Langkah itu untuk sementara menghasilkan kelebihan pembiayaan Rp49,7 triliun. Selain untuk cadangan perlindungan sosial, pemerintah mengusulkan agar dana hasil pembahasan Panja A itu digunakan untuk cadangan penyesuaian anggaran pendidikan Rp3,2 triliun, belanja optimalisasi Rp15,5 triliun, pengurang surat berharga negara (SBN) neto Rp27,9 triliun serta pembayaran bunga utang Rp1,8 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

subsidi bbm blsm rapbn 2015
Editor : Fatkhul Maskur
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top