Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

UU HAK CIPTA: Bisa Jadi Alat Perlindungan Bagi Perajin

Perajin furnitur berharap undang-undang hak cipta yang baru disahkan bisa melindungai hak yang bersifat lebih spesifik seperti kerajinan kayu hasil olahan mereka.
Miftahul Ulum
Miftahul Ulum - Bisnis.com 19 September 2014  |  18:01 WIB
UU HAK CIPTA: Bisa Jadi Alat Perlindungan Bagi Perajin
Ilustrasi - Bisnis
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Perajin furnitur berharap undang-undang hak cipta yang baru disahkan bisa melindungai hak yang bersifat lebih spesifik seperti kerajinan kayu hasil olahan mereka.

Direktur perusahaan pembuat furnitur berbahan kayu limbah, UD Caniffa Gallery, Sri Susilowati mengatakan perajin jarang memperhatikan hak cipta produk yang dihasilkan. Pasalnya, produk yang dihasilkan gabungan antara furnitur dan seni.

“Kami sering menyebut furnicraft, jadi furnitur yang digabungkan dengan handycraft. Jadi untuk distandardisasi ukuran lebar berapa, model maupun dimensinya sulit,” jelasnya, Jumat (19/9/2014).

Dia menggambarkan produk kursi berbahan limbah akar pohon jati tidak bisa dirumuskan dimensinya. Sebab untuk satu set meja dan kursi ukuran tiap-tiap satuan berbeda.

Problem yang sama juga dialami produk lain, semisal tempat menyimpan payung berbahan kayu jadi. Produk dengan pangsa pasar ekspor ini juga tidak bisa dipatenkan karena spesifikasi tiap barang berbeda.

Menurutnya UU Hak Cipta yang baru disahkan seharusnya bisa mengadopsi tentang perlindungan hasil kerajinan. Selama ini perajin selalu terkendala standardisasi produk yang dihasilkan saat mengurus hak kekayaan intelektual maupun hak cipta.

Seperti diketahui, DPR mengesahkan UU Hak Cipta, Rabu (17/9). Poin penting dalam perundangan itu, tempat perdagangan bertanggung jawab terhadap hak cipta. Selain itu, pemerintah membentuk lembaga pengumpul royalti dan umur hak cipta sampai 70 tahun setelah pencipta karya meninggal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hak cipta kerajinan
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top