Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Properti di Jakarta Timur Diprediksi Capai Rp18 Juta/m2

Jakarta Garden City merupakan mega proyek yang dikembangkan oleh PT Modernland Realty Tbk di Cakung Timur, Jakarta Timur.

Bisnis.com, JAKARTA--Jakarta Garden City merupakan mega proyek yang dikembangkan oleh PT Modernland Realty Tbk di Cakung Timur, Jakarta Timur.

Kawasan tersebut masih menawarkan harga properti yang terjangkau yaitu  Rp8 juta/m2 hingga Rp9 juta/m2 untuk kaveling residensial dan Rp12 juta per/m2 untuk kaveling komersial.

Namun dalam kurun waktu dua hingga tiga tahun mendatang diproyeksikan harga properti akan melesat naik 100% menjadi sektar Rp18 juta/m2.

Managing Director PT Modernland Realty Tbk. Andy K Natanael mengatakan asumsi perhitungannya diperoleh dari harga tanah di Kelapa Gading sudah mencapai Rp20 juta/m2 ditambah harga tanah di perumahan besar di Bekasi yang lokasinya tidak jauh dari Jakarta Garden City dipatok Rp10 juta/m2.

Bila kedua harga tersebut ditarik rata-ratanya, hasilnya menjadi Rp15 juta. Karena Jakarta Garden City berada di antara dua kawasan tersebut.

”Dengan harga tanah yang saat ini masih dikisaran Rp8 juta-Rp9 juta, Jakarta Garden City bisa disebut sebagai Sun Rise Property di Jakarta Timur bahkan di seantero kawasan ibu kota lainnya. Saya optimistis dalam kurun waktu 2-3 tahun lagi harga kaveling residensial di sini sudah menjadi Rp18 jutaan/m2,” katanya baru-baru ini.

Menurut Andy, ada beberapa faktor pendukung lain yang menjadikan Jakarta Garden City sebagai Sun Rise Property

Faktor pertama adalah luas lahan untuk komersial dan pengembangan central business district (CBD) masih cukup luas sekitar 70 ha.

Sekarang di area komersial ini dapat ditemui pasar modern, komplek ruko Shopping Arcade, dan Rukan The Walk.

Sejalan dengan jumlah penghuni yang makin bertambah, AEON Mall dari Jepang akan segera memulai pembangunan mal seluas 210.000 m2 di area seluas 8,5 ha.

Direncanakan pada akhir 2015 atau paling lama awal 2016, lanjut Andy, AEON Mall sudah siap beroperasi. Setelah AEON Mall masuk, sejumlah investor dari berbagai telah menyatakan keseriusannya untuk mengembangkan usaha di kaveling-kaveling komersial di kawasan CBD.

 “Jika AEON Mal sudah buka dan jalan tol Cakung-Tanjung Priok sudah beroperasi, maka harga rumah dan ruko di Jakarta Garden City diprediksi langsung melesat,” terangnya.

Faktor kedua adalah sarana pendidikannya juga akan ditambah. Salah satu perguruan tinggi terkemuka di ibu kota juga akan hadir di Jakarta Garden City sehingga murid lulusan Sekolah Global Mandiri (TK-SMU) tidak perlu harus jauh-jauh melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi di daerah lain.

Faktor ketiga adalah  lokasi Jakarta Garden City yang akan makin mudah diakses setelah tol JORR Cakung tersambung dengan tol dalam kota di Tanjung Priok.

Pemprov DKI Jakarta dan PT Jasa Marga menjanjikan di pengujung tahun 2014 ini tol JORR Cakung-Tanjung Priok sudah siap beroperasi.

Dengan adanya akses tol baru ini, warga Jakarta Garden City yang sehari-hari beraktifitas di kawasan Kelapa Gading, Kemayoran, Mangga Dua, Kota, Pluit, dan Grogol, atau jika akan berpergian ke bandara Soekarno-Hatta juga akan semakin mudah.

Bahkan saat ini telah tersedia akses langsung menuju jalan Bekasi Raya, sehingga Jakarta Garden City sangat mudah dicapai dari seluruh penjuru.

Keempat, pihak pengembang terus berkomitmen menjadikan Jakarta Garden City sebagai lokasi  hunian yang nyaman. 

Semua jalan, baik jalan lingkungan maupun boulevard utama dibuat serba lebar standard internasional yaitu ROW 8-25 m.

Di setiap persimpangan jalan tersedia semacam coakan agar kendaraan yang hendak berbelok ke kiri, berbelok ke kanan, atau memutar, tidak mengganggu kenyamanan kendaraan yang ada di belakang atau di sampingnya.

 “Jalan di Jakarta Garden City adalah satu-satunya jalan di perumahan yang memenuhi standar international road,” terang Andy.

Andy juga menambahkan sudah saatnya Jakarta Timur berkembang. Jakarta Barat dan Selatan sudah sangat berkembang,

Jakarta Utara sudah tak ada lahan, sekarang giliran Jakarta Timur yang lahannya masih banyak. Ini potensi besar, karena perkembangan selama ini selalu melompat ke Bekasi.

Sekarang Bekasi sudah padat. Kami akan terus meluncurkan properti sebagai salah satu bentuk investasi menguntungkan di Jakarta Garden City.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper