Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL MANADO-BITUNG: Akhir Tahun Ditargetkan Konstruksi

Pemerintah menargetkan penyelesaikan Detail Engineering Design (DED) ruas tol Manado - Bitung sepanjang 38,7 kilometer tuntas dalam satu bulan ke depan.
Ilustrasi
Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemerintah menargetkan penyelesaikan Detail Engineering Design (DED) ruas tol Manado - Bitung sepanjang 38,7 kilometer tuntas dalam satu bulan ke depan.

"Akhir tahun ditargetkan lelang [konstruksi bagian pemerintah] sudah selesai," tutur Djoko Murjanto Direktur Jenderal Bina Marga, di Jakarta, Rabu (16/7/2014).

Jika lelang diselesaikan akhir tahun, maka menurut Djoko proses penandatanganan dan konstruksi akan dilaksanakan pada awal 2015.

Tol Manado-Bitung memiliki fungsi strategis mendukung kota Pelabuhan Internasional Bitung.

Namun proyek yang analisa dampak lingkungan (AMDAL)nya sudah dikerjakan semenjak tahun 2006 ini dinilai tidak layak secara bisnis, meski memiliki fungsi keekonomian yang tinggi.

Untuk itu Kementerian Pekerjaan Umum (PU) pada ruas tol ini mengajukan dukungan pemerintah berupa 'Viability Gap Funding' (VGF).

Sementara itu, kementerian keuangan menyarankan bentuk dukungan konstruksi dengan pinjaman dari China senilai US$80 juta dolar.

Menurut Djoko, karena dukungan pemerintah dalam proyek tol ini dibiayai oleh pinjaman dari China, maka proses administrasinya masih cukup panjang.

Akan tetapi pihaknya sudah mengajukan pencairan pinjaman ke sekretariat kementerian PU untuk kemudian diteruskan ke Kemenkeu sebelum ke Pemerintah China.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggara Pernando
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper