Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Optimalkan Dana KUR, Kemenkop Sosialisasi ke-34 Provinsi

Pemerintah terus melaksanakan sosialisasi program kredit usaha rakyat yang telah menjangkau 14 provinsi bagi permodalan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengahyang sampai awal Juni 2014 telah tersalur sebesar Rp14,9 triliun.
Dana KUR.  Kemenkop Sosialisasi ke-34 Provinsi/Bisnis
Dana KUR. Kemenkop Sosialisasi ke-34 Provinsi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah terus melaksanakan  sosialisasi program kredit usaha rakyat yang telah menjangkau 14 provinsi bagi permodalan pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengahyang sampai awal Juni 2014 telah tersalur sebesar Rp14,9 triliun.

Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, Braman Setyo, mengatakan sosialisasi dilakukan agar pembiayaan ke usaha sektor riil bisa semakin optimal. Apalagi jika sudah menyentuh ke-34 provinsi.

Sosialisasi secara bertahap akan terus dilanjutkan ke 20 provinsi lainnya agar alokasi dana dari program kredit usaha rakyat (KUR) bisa tepat guna dan bermanfaat bagi sarana meningkatkan kualitas usaha bagi pelaku koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah (KUMKM).

”Target penyaluran dana KUR pada tahun ini sekitar Rp37 triliun, jadi perlu sosialoisasi secara aktif agar bisa merealisasi target tersebut. Sampai akhir tahun target penyaluran itu optimistis bisa terlaksana,” katanya kepada Bisnis, Minggu (29/6/2014).

Jumlah debitor atau pelaku KUMKM yang telah berhasil memanfaatkan pembiayaan yang dijamin pemerintah tersebut pada awal tahun hingga awal Juni mencapai 959.402 orang. Atau persentasenya pembiayaannya baru mampu mencapai  40,3%.

Adapun total penyaluran sejak program KUR dimyulai pada akhir 2007 sampai awal Jun I 2014, telah mencapai Rp153,45 triliun. Sedangkan total debitor atau pelaku KUMKM yang telah memanfaatkan fasilitas pembiayaan itu sebanyak 10 juta lebih. Tepatnya 10.991.580 orang.

Menurut Braman, dari 7 bank nasional serta 24 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yang ikut mendukung penyaluran dana KUR terhadap KUMKM, diharapkan lebih proaktif mencari debitor agar realisasi penyaluran 2014 tidak meleset.

Bagi Kementerian Koperasi dan UKM yang menjadi salah satu instansi pemerintah paling terdepan menggerakkan program KUR, yakni melalui  Deputi Bidang Restrukturisasi dan Pengembangan Usaha, semua perbankan mempunyai kontrribusi sama menyalurkan dana KUR.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper