Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

REFORMASI AGRARIA: Pemerintah Baru Diminta Jamin Ketersediaan Lahan Petani

Pemerintahan yang akan datang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani termasuk memberikan solusi untuk berbagai masalah di bidang pertanian.
 Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, MALANG - Pemerintahan yang akan datang diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan petani termasuk memberikan solusi untuk berbagai masalah di bidang pertanian.

Menteri Pertanian Suswono mengatakan keterbatasan lahan menjadi masalah utama pertanian Indonesia. Dia memprediksi ke depan alih fungsi lahan akan semakin meluas sehingga menggerus eksistensi petani.

"Tanpa ada dukungan lahan pada keluarga petani minimal 2 hektare, tanpa itu tidak mungkin petani sejahtera. Ini yang harus diperjuangkan pemerintahan yang akan datang," kata Suswono di Malang, Jumat (6/6/2014).

Selain alih fungsi lahan, sistem pembagian warisan juga menjadi faktor mulai menyempitnya lahan petani. Pasalnya tanah-tanah tersebut harus dibagi rata oleh semua sanak saudara.

"Makanya reforma agraria harus dijalankan. Paling tidak ada konsolidasi lahan bagaimana baiknya ke depan," sambungnya.

Tantangan pemerintahan yang akan datang di sektor pertanian selain keterbatasan lahan menurut Suswono adalah tentang iklim yang juga sangat mempengaruhi hasil pertanian.

Dia memaparkan semakin hari iklim di Indonesia semakin tidak bisa diprediksi. Tidak jarang petani mengalami kerugian karena iklim yang tidak tentu ini.

Oleh karenanya, kata dia, diperlukan sistem kalender tanam terpadu (katam) yang bertujuan untuk menyesuaikan jenis tanaman dan menjadwal waktu penanaman petani.

"Itu telah dilakukan litbang kita. Mudah-mudahan pemerintahan yang akan datang konsen betul persoalan ini," tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Tegar Arief
Editor : Nurbaiti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper