Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ekspansi ke Filipina, Alfamart Dorong Pemasaran Produk Lokal

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan ritel Alfamart dan Alfamidi, mendorong pemasaran produk lokal di luar negeri menyusul rencana ekspansi bisnisnya di Filipina.

Bisnis.com, JAKARTA— PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, pengelola jaringan ritel Alfamart dan Alfamidi, mendorong pemasaran produk lokal di luar negeri menyusul rencana ekspansi bisnisnya di Filipina.

Corporate Affairs Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk Solihin mengatakan pasar bebas Asean memerlukan kerja keras semua pihak untuk mempopulerkn produk Indonesia di mancanegara. Salah satunya melalui ekspansi perusahaan nasional ke luar negeri.

“Kami tengah jajaki pengembangan bisnis di Filipina, dengan begitu produk-produk Indonesia bisa dipasarkan dan dikenal luas di sana,” katanya kepada Bisnis, Kamis (22/5/2014).

Menurutnya, pasar Filipina tengah tumbuh dan memiliki karakteristik serupa dengan pasar dalam negeri. Pertimbangan itu menjadi alasan utama Alfamart menjajal pasar negara tetangga tersebut.

Dalam rencana ekspansinya, PT Sumber Alfaria Trijaya akan bekerja sama dengan salah satu retailer lokal Filipina dalam bentuk joint venture untuk memasarkan produk-produk Alfamart.

“Sekarang masih proses perencanaan bisnis. Belum tahu berapa nilainya,” ujarnya enggan membuka lebih rinci.

Solihin menuturkan perseroan akan bangun distribution center (DC) untuk menyalurkan produk ke outlet-outlet Alfamart di negara itu. Untuk diketahui satu unit DC bisa menampung kapasitas distribusi hingga 500 outlet.

Selain mencoba ekspansi ke luar negeri, Alfamart juga memperkuat bisnis mereka di Indonesia dengan menfokuskan pengembangan di luar Jawa.

Dia mengatakan pertumbuhan di luar Jawa terhitung cepat dan memerlukan fokus pengembangan. Untuk tahun ini, Alfamart fokus pengembangan untuk Sumatra, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper