Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Fluktuatif, Harga Bahan Bangunan Tetap Stabil

Harga bahan bangunan pada kuartal I/2014 cenderung stabil dan tak mengalami kenaikan signifikan. Di toko bahan bangunan, besi mengalami kenaikan paling tinggi yakni 6%-8% dari awal Januari 2014.
/Bisnis
/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -- Harga bahan bangunan pada kuartal I/2014 cenderung stabil dan tak mengalami kenaikan signifikan. Di toko bahan bangunan, besi mengalami kenaikan paling tinggi yakni 6%-8% dari awal Januari 2014. 

Penegasan itu diperoleh bisnis di sejumlah toko bahan bangunan. Menurut mereka, besi mengalami kenaikan paling tinggi dari harga lainnya. 

"Harga bahan bangunan sudah naik sejak awal tahun lalu tapi belum seluruhnya, hanya beberapa item. Yang terparah besi," tutur Dewi Indah, pemilik sebuah toko material di kawasan Tanah Abang Jakarta kepada Bisnis, Jumat (9/5/2014). 

Pernyataan Dewi diamini Subekti. Dijelaskan pemilik TB Sejahtera di kawasan Thamrin itu, harga Besi ukuran 9 mili, dari Rp 28.500 kini naik berkisar antara Rp 34.000.

Adapun, bahan bangunan lain, seperti seng, tripleks, batu bata dan pasir, harganya cenderung stabil. Kalau ada kenaikan, lanjut Subekti, cenderung tipis. "Mungkin naik Rp500 sampi Rp1000," ujar dia. 

Kedua pedangan itu menyebut, kenaikan harga sudah terjadi sejak satu bulan yang lalu. Mereka sepakat kenaikan harga itu akibat stok di beberapa supllier besar menipis. Alhasil berimbas pada sektot dibawahnya. 

Hal itu memang diakui Simon Gideon, salah seorang pedagang besar bahan bangunan. Dia mengakui harga beberapa item barang memang mengalami kenaikan.

Besarnya 5%-8%. Kenaikan harga dia lakukan sejak Januari 2014 lalu. Akibat kenaikan tersebut permintaan menjadi sepi dan otomatis berpengaruh pada penjualan. 

Dia menambahkan pemicunya bukan nilai tukar sebab meskipun dolar berfluktuasi, tapi harga bahan bangunan relatif stabil. "Lebih kepada kelangkaan stok barang dari pabrik," ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Cecep Junaedi
Editor :
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper