Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELANG MEA 2015, Ini 3 Pesan Buat Wanita Pengusaha

Kongres Wanita Indonesia (Kowani) meminta para wanita pengusaha Indonesia mempersiapkan diri menjelang Masyarakat Ekonomi Asean 2015.
Wanita menyumbang kontribusi bagi perkembangan sektor kewirausahaan di Indonesia. /bisnis.com
Wanita menyumbang kontribusi bagi perkembangan sektor kewirausahaan di Indonesia. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kongres Wanita Indonesia (Kowani) meminta para wanita pengusaha Indonesia mempersiapkan diri menjelang Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

Ketua Kowani Dewi Motik Pramono mengatakan ada beberapa strategi yang bisa dilakukan para wanita pengusaha agar bisa bersaing di tingkat regional. 

Pertama, harus meningkatkan kualitas produk, baik barang atau jasa. “Produk lokal banyak yang bagus. Namun, pengusaha harus meningkatkan lagi kualitas jika ingin bersaing dengan UKM asing," ujarnya ketika membuka Kowani Fair & Iwapi Expo di Jakarta (8/5/2014).

Kedua, wanita pengusaha harus bisa menjaga servis prima bagi para konsumen, khususnya yang tinggal di luar Indonesia. Di era yang serba instan dan cepat, pengusaha wajib mengirimkan barang ke negara lain sesuai perjanjian atau tepat waktu. 

Ketiga, wanita pengusaha harus bisa memanfaatkan teknologi informasi untuk berbisnis. Menurut dia, teknologi informasi merupakan solusi bagi wanita yang memiliki kewajiban mengurus keluarga.

"Dengan adanya teknologi informasi atau e-commerce pengusaha wanita bisa menjalankan bisnis tanpa harus meninggalkan kewajiban mereka untuk mengurus rumah tangga," katanya. 

Emilia Suhaimi, Deputi Bidang Pemasaran dan Jaringan Usaha Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan pemerintan mendukung para pengusaha wanita untuk menghasilkan produk berdaya saing. 

"Kami berharap para pengusaha wanita mampu menularkan kompetensi yang dia miliki kepada rekan sejawatnya. Dengan begitu, kinerja perempuan Indonesia di sektor wirausaha akan meningkat," ujar Emilia. 

Dia mengaku pemerintah terus berupaya meningkatkan daya saing UKM dengan melakukan beberapa program. Program tersebut, antara lain pendidikan dan pelatihan bagi UKM, memberi informasi tentang standardisasi, dan berbagai kegiatan lainnya. Hal ini dilakukan agar UKM siap menghadapi pasar bebas Asean yang akan diberlakukan tahun depan. 

Wanita menyumbang kontribusi bagi perkembangan sektor kewirausahaan di Indonesia. "Sekitar 39% dari UKM di Indonesia dijalankan oleh wanita. Kami berharap jumlah ini terus meningkat."

Kowani Fair & Iwapi Expo 2014 diselenggarakan di gedung SME Tower, Jakarta. Acara yang berlangsung dari 8-11 Mei 2014 ini diikuti oleh 140 pelaku usaha yang semuanya adalah wanita. Produk-produk yang dijual, misalnya tekstil tradisional, produk fesyen, aksesori, makanan, dan dekorasi rumah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper