Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

ANGKUTAN LEBARAN: Disiapkan, Kereta Api Tambahan

PT Kereta Api Indonesia (Persero)) tengah menyiapkan kereta api tambahan untuk angkutan lebaran dalam upaya memenuhi kebutuhan pelayanan kepada masyarakat pemudik lebaran 2014 pada bulan Juli mendatang. Penjualan tiket dijadwalkan mulai dibuka sebulan menjelang lebaran.
Angkutan Lebaran. PT KAI menyiapkan kereta api tambahan/JIBI
Angkutan Lebaran. PT KAI menyiapkan kereta api tambahan/JIBI

Bisnis.com, JAKARTA--PT Kereta Api Indonesia (Persero)) tengah menyiapkan kereta api tambahan untuk angkutan lebaran dalam upaya memenuhi kebutuhan pelayanan kepada masyarakat pemudik lebaran 2014  pada bulan Juli mendatang. Penjualan tiket dijadwalkan mulai dibuka sebulan menjelang lebaran.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan penambahan kereta api ini didasarkan tingginya minat masyarakat pengguna kereta api.

"Dengan pola e-tiketing ini ternyata sebagian tiket sudah habis. Hingga saat ini sedang dihitung lagi untuk pemenuhan kereta tambahan pada pelaksanaan angkutan lebaran nanti," ujarnya seperti dilansir laman Kemenhub, Rabu (7/5/2014).

Masa angkutan lebaran menurut rencana dilakukan selama 18 hari dimulai pra lebaran selama tujuh hari, masa lebaran dua hari, dan masa pasca lebaran selama sembilan hari.

Menurut data Direktorat Perkeretaapian, kereta tambahan sementara ini disiapkan sebanyak 32 unit. Jumlah tersebut kebanyakan untuk perjalanan dari Barat ke Timur.

"Ya, kebanyakan perjalanan yang dipilih dari Barat (Jakarta) ke Timur baik Jawa Tengah maupun Jawa Timur," ujar Kepala Pusat Komunikasi Publik Kemenhub J.A. Barata.

Jumlah tersebut, lanjutnya,  belum final, karena bisa saja akan dilakukan penambahan kembali. Selain itu, menurut rencana akan diberikan rangkaian kereta api baru kepada PT KAI untuk dioperasikan.

Data dari PT KAI akan dilakukan skenario operasi yakni memenuhi stamformasi rangkaian KA regular sesuai dengan GAPEKA 2014 serta Warta Maklumat Kereta Api (WAM). Disiapkan tahapan untuk menjalankan KA Lebaran tertentu sesuai kebutuhan.

Untuk wilayah Jawa, PT KAI menyiapkan 265 rangkaian KA Reguler, 22 KA Tambahan Komersil, dan KA ekonomi dengan jumlah ketersediaan tempat duduk 179.192.

Dilengkapi dengan kesiapan 324 unit lokomotif yang terdiri dari 290 unit lokomotif dinas dan 34 cadangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper