Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KECELAKAAN DI TEMPAT KERJA: Semakin Bertambah, Ini 2 Penyebabnya

Jumlah kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan berisiko tinggi kian bertambah, menyusul rendahnya implementasi norma keselamatan dan kesehatan kerja di tingkat perusahaan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah kecelakaan kerja di lingkungan perusahaan berisiko tinggi kian bertambah, menyusul rendahnya implementasi norma keselamatan dan kesehatan kerja di tingkat perusahaan.

Direktur Pembinaan Norma Kecelakaan Kerja Kemenakertrans Amri AK mengatakan berdasarkan tren tahunan, jumlah kecelakaan kerja selalu meningkat.

Pada 2013, sebanyak 9 orang meninggal per hari akibat kecelakaan kerja.
“Adapun untuk periode tahunan sebelumnya, sebanyak 6 orang meninggal,” katanya, Jumat (25/4/2014).

Risiko meningginya jumlah kecelakaan kerja dalam periode tahunan tersebut lantaran rendahnya penerapan K3 di perusahaan dan masyarakat masih rendah.

Selain itu, penerapan pemeriksaan uji K3 di lingkup perusahaan juga masih rendah. “Dua masalah tersebut muncul dari internal perusahaan.”

Di samping dua masalah tersebut, masih terdapat masalah yang membelit implementasi K3. “Kami mengakui, tugas dan fungsi pegawai pengawas sejak otonomi daerah tidak maksimal, khususnya dalam mengawasi K3.”

Mengutip data Internasional Labor Organization (ILO), jelasnya, rata-rata terdapat 99.000 kasus kecelakaan kerja per tahun. Dari total jumlah itu, sekitar 70% berakibat fatal yaitu kematian dan cacat seumur hidup.

Sementara itu, Berdasarkan data Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi pada 2013 perusahaan pelanggar norma  keselamatan dan kesehatan kerja (K3) sebanyak 12.745 perusahaan atau meningkat jika dibandingkan dengan periode 2011 yang hanya sebanyak 3.848 perusahaan.

“Untuk menekan jumlah kecelakaan kerja, kami berupaya memberikan standar K3 sesuai OSHAS 18000—l, ISO 14000—l terkait dengan mutu dan sistem manajemen K3,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper