Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kemitraan Industri dan Masyarakat Bantu Pengusaha HTI Kelola Lahan Konsesi

Pengusaha hutan tanaman industri (HTI) menilai regulasi pemerintah tentang kemitraan industri dan masyarakat membantu dunia usaha dalam mengelola areal konsesi.
Arys Aditya
Arys Aditya - Bisnis.com 24 April 2014  |  21:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA--Pengusaha hutan tanaman industri (HTI) menilai regulasi pemerintah tentang kemitraan industri dan masyarakat membantu dunia usaha dalam mengelola areal konsesi. 

Presiden Direktur Asia Pacific Resources International Limited (APRIL)--perusahaan yang mengoperasikan Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), mengatakan pihaknya pernah mengalami kegagalan pembangunan HTI karena meninggalkan masyarakat. 

Dia mengklaim sejauh ini perusahaan telah mengalokasikan lahan untuk tanaman kehidupan melebihi apa yang diisyaratkan regulasi pemerintah, yaitu bervariasi 6%-7% di setiap hamparan yang dikelola. 

“Kalau tanpa lebih dulu membangun tanaman kehidupan, tidak efisien bagi industri. Karena kami tidak bisa mendesain lahan. Ini bagus meski awalnya sangat susah karena butuh komunikasi yang intensif,” ujarnya, Kamis (24/4/2014). 

Meskipun demikian, kata Kusnan, ketika kemitraan telah memasuki usia 4 tahun, perusahaan telah memetik hasilnya secara tidak langsung, yaitu melalui pertumbuhan ekonomi di sekitar areal operasi perusahaan. 

Dia menambahkan, dengan semakin tumbuhnya ekonomi daerah, masyarakat bisa menjadi kontraktor untuk distribusi dan logistik bagi keperluan perusahaan, sehingga menambah efisiensi perusahaan.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hti
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top