Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pemda Kepincut Konverter Kit dan SPBG

Pemerintah daerah tertarik dengan program konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas
SPBG/Bisnis
SPBG/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah daerah tertarik dengan program konversi bahan bakar minyak ke bahan bakar gas.

Pasalnya, Pemda kini tengah mengajukan permintaan kepada Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral untuk memperoleh konverter kit dan sarana stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG).

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas M. Hidayat mengemukakan adanya permintaan pemda dari seluruh Indonesia agar kendaraan dinas dipasangi konverter kit.

“Permintaan (pemda) sangat banyak dan merata. Bahkan, ada permintaan dari daerah yang tidak memiliki sumur gas atau jaringan distribusi pipa,” ujarnya seperti dikutip dari situs resmi Ditjen MIgas Kementerian ESDM, Kamis (17/4/2014).

Padahal, jelasnya, secara ideal pengembangan infrastruktur gas dilakukan pada daerah yang memiliki atau dekat dengan sumber gas dan telah memiliki atau dilintasi pipa transmisi dan distribusi gas.

Namun, bila ada permintaan dari daerah yang tidak memenuhi kriteria tersebut maka agak sulit dibangun SPBG. Selain itu, dia mengakui bila terdapat kendala lain dalam pengadaan konverter kit, yakni keterbatasan dana.

Berdasarkan catatan Bisnis, pada 2014, Kementerian ESDM hanya akan membagikan 500 unit konverter kit untuk kendaraan dinas pemerintah dan pemda. Padahal, jumlah konverter kit yang dibagikan pada 2012 dan 2013 masing-masing 2.000 unit.

Hidayat menjelaskan pemerintah akan menyeleksi kementerian, lembaga dan pemda terkait dengan keterbasan jumlah konverter kit. Namun, jelasnya, yang kini tengah menjadi prioritas adalah instansi yang sebelumnya telah memperoleh konverter kit, tetapi masih kurang jumlahnya.

Misalnya, kementerian yang meminta 50 unit konverter kit. Namun untuk alasan pemerataan, maka pada 2013 baru diberikan 30 unit sehingga kekurangan 20 unit diharapkan dapat diberikan pada 2014 dan sisanya dapat dibagikan ke instansi atau pemda.

Hidayat mengungkapkan pembagian konverter kit secara gratis untuk kendaraan unum bukanlah domain Kementerian ESDM, melainkan Kementerian Perindustrian.

“Itu sudah ada pada Perpres Nomor  64 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga Bahan Bakar Gas Untuk Transportasi Jalan. Jika hal ini dapat segera dilakukan, maka ‘pasar’ konversi BBM ke bahan bakar gas cepat terwujud,” ujarnya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper