Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Paket Kebijakan Ekonomi III Fokus Neraca Pembayaran & Transaksi Berjalan

Setelah paket kebijakan pemerintah pertama dan kedua kurang optimal memperbaiki defisit transaksi berjalan, pemerintah akan merilis paket kebijakan ekonomi ketiga dengan fokus penyeimbangan neraca pembayaran dan neraca transaksi berjalan.
Ringkang Gumiwang
Ringkang Gumiwang - Bisnis.com 18 Maret 2014  |  14:14 WIB
Paket Kebijakan Ekonomi III Fokus Neraca Pembayaran & Transaksi Berjalan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA—Setelah paket kebijakan pemerintah pertama dan kedua kurang optimal memperbaiki defisit transaksi berjalan, pemerintah akan merilis paket kebijakan ekonomi ketiga dengan fokus penyeimbangan neraca pembayaran dan neraca transaksi berjalan.

“Paket kebijakan ekonomi ketiga ini akan diarahkan untuk memperbesar dan menahan aliran modal tetap berada di pasar domestik,” terang Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi dan Pembangunan Firmanzah, dikutip dari laman Setkab, Selasa (18/3/2014).

Menurutnya, paket kebijakan ekonomi ketiga yang sedang dipersiapkan pemerintah ini akan mengatur lebih lanjut terkait repatriasi keuntungan investor asing, sehingga dapat diinvestasikan kembali di Indonesia.

“Relaksasi investasi ini diharapkan dapat memperkecil defisit neraca transaksi berjalan sekaligus mendorong minat investasi lainnya, yang distribusinya akan diarahkan pada pembangunan sektor riil,” ungkap Firmanzah.

Terkait revisi Daftar Negatif Investasi (DNI), lanjutnya, pemerintah akan mengedepankan kepentingan nasional, serta terus mendorong pengusaha lokal untuk lebih berperan dalam system perekonomian nasional.

Pemerintah berharap paket kebijakan ekonomi ini dapat semakin memperkokoh struktur fundamental ekonomi nasional yang kini terus menguat, seiring berjalannyanya paket kebijakan ekonomi sebelumnya, yang telah dikeluarkan pada tahun lalu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

defisit transaksi berjalan neraca pembayaran neraca transaksi berjalan
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top