Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Cikarang Inland Port Bangun Jalan dan Rel

PT Cikarang Inland Port melengkapi kehadiran Cikarang Dry Port dengan penyiapan sistem transportasi intermoda. Sistem tersebut dikatakan mampu menunjang aktivitas logistik dan pengiriman kontainer yang selama ini terpusat di Pelabuhan Tanjung Priok.
Cikarang Dry POrt/JIBI
Cikarang Dry POrt/JIBI

Bisnis.com,  BEKASI--PT Cikarang Inland Port melengkapi kehadiran Cikarang Dry Port dengan penyiapan sistem transportasi intermoda. Sistem tersebut dikatakan mampu menunjang aktivitas logistik dan pengiriman kontainer yang selama ini terpusat di Pelabuhan Tanjung Priok.

Benny Woenardi, Managing Director CDP mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan akses jalan menuju tol yang mengarah ke Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi.  Panjang jalan akses tersebut mencapai 6km.

Pembangunan jalan akses itupun akan menyambungkan CDP di kilometer 29. Untuk saat ini, pembangunan telah memasuki tahap akhir berupa pendirian loket tol dan penyelesaian jalan layang.

"Tahun ini dibuka aksesnya,"  ujarnya, Rabu (12/3/2014).

 CDP merupakan pelabuhan kontainer darat yang memiliki areal lahan sekitar 200 hektare. Sampai saat ini, kapasitas CDP mampu menampung hingga 400.000 TEUS per tahun.

Sebagai lokasi yang digadang-gadang menjadi solusi kepadatan arus kontainer Pelabuhan Priok, sejak berdiri di 2010 lalu, CDP juga menjanjikan adanya jaringan angkutan kereta barang.

Hingga kini, baru PT Sentra Logistik  yang menggunakan kerjasama CDP dalam angkutan kereta barang. Lalu lintas barang itupun masih mini, per dua hari dengan tujuan Cikarang-Surabaya.

Dengan kondisi yang belum maksimal tersebut, CDP masih berpeluang menggaet minat pelaku impor dan ekspor dari Pelabuhan Priok. Sebagaimana diakui Benny, kepadatan di Priok telah berdampak pada biaya operasional pelaku bisnis meningkat.

 Sementara, terangnya, CDP mempunyai kelebihan dalam segi sistem pelayanan yang lebih baik. Selain itu, tarif pelayanan pun dinilai jauh lebih murah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper