Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Indonesia Potensial Kembangkan Kentang

Indonesia berpotensi menjadi negara produsen kentang skala dunia. Syaratnya pemerintah harus mampu mengandeng peneliti lokal.
M. Taufiqur Rahman
M. Taufiqur Rahman - Bisnis.com 06 Maret 2014  |  21:43 WIB

Bisnis.com,JAKARTA – Indonesia berpotensi menjadi negara produsen kentang skala dunia. Syaratnya pemerintah harus mampu mengandeng peneliti lokal. Saat ini, beberapa peneliti sudah berhasil membuat kentang dengan produktivitas tinggi.

Guru Besar Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin Muslim Salam mengatakan seorang peneliti di fakultasnya telah berhasil menemukan kentang yang memiliki produktivitas tinggi. Temuan ini sangat potensial untuk dikembangkan di skala industri.

“Peneliti di kampus kami mampu mengembangkan kentang dengan produktifitas mencapai 20 ton per ha atau 4 kali lipat dari kentang yang biasa di tanam petani,” jelasnya, Kamis (6/3/2014).

Kentang hasil peneliti ini sangat mungkin dikembangkan dalam skala industri dan memiliki prospek yang cerah. Mengingat dinamika pangan dunia semakin mengerucut pada komoditas 3 komoditas tertentu, yaitu beras, gandum dan kentang.

“Kondisi saat ini merupakan saat yang baik untuk mengambil peluang tersebut. Indonesia akan sangat mungkin menjadi produsen kentang yang disegani di dunia,” ungkapnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hortikultura kentang
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top