Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Bangun Embung Sofifi Tahap II, PU Alokasikan Rp17,5 Miliar

Kementerian Pekerjaan Umum menglokasikan pagu Rp17,5 miliar untuk pembangunan embung Sofifi tahap II di Maluku Utara.
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 20 Februari 2014  |  17:03 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum menglokasikan pagu Rp17,5 miliar untuk pembangunan embung Sofifi tahap II di Maluku Utara.

Kepala Balai Wilayah Sungai Maluku Utara Febri Imam Harta menjelaskan kegiatan pembangunan embung Sofifi terbagi dalam dua tahap.

"Tahap I bersumber dari dana APBN-Perubahan akhir pada 2012 sebesar Rp40 miliar yang sudah dilakukan tahun lalu," katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (20/2/2014).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Rombongan Komisi V DPR Michael Wattimena mengatakan pendistribusian air baku dari embung tersebut harus menjadi fokus utama.

Pasalnya, keterbatasan ketersediaan dan akses air menjadi alasan utama pembangunan embung tersebut.

Embung Sofifi terletak di Desa Sofifi, Kecamatan Oba Utara, Kabupaten Halmahera Tengah, Provinsi Maluku Utara dengan sumber air baku bersumber dari Sungai Oba.

Adapun proyeksi kebutuhan air untuk keperluan rumah tangga, perkantoran, dan industri sampai dengan 2010 adalah 100 liter per detik.

"Jika tidak ada embung, akan terjadi kekurangan air pada September hingga November. Diharapkan kapasitas embung bisa mencapai 300.000 meter kubik sehingga kekurangan air bisa ditanggulangi," ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

maluku
Editor :
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top