Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Damandiri Salurkan Pembiayaan UMKM Rp1 Triliun

Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) menyalurkan pembiayaan sebesar Rp1 triliun untuk pengusaha mikro kecil pada tahun 2014.
Haryono mengunjungi pameran Posdaya /damandiri
Haryono mengunjungi pameran Posdaya /damandiri

Bisnis.com, MALANG - Yayasan Dana Sejahtera Mandiri (Damandiri) menyalurkan pembiayaan sebesar Rp1 triliun untuk pengusaha mikro kecil pada tahun 2014.

Ketua Yayasan Damandiri Haryono Suyono mengatakan penyaluran pembiayaan khusus untuk kegiatan produktif baik lewat skema Pemberdayaan Masyarakat (Posdaya) maupun untuk pengusaha usaha mikro kecil menengah (UMKM) non-Posdaya.

“Penyalurannya lewat tiga bank, yakni Bank UMKM, bank pembangunan daerah, dan Bank Bukopin,” kata Haryono Suyono di Malang, Rabu (29/1/2014).

Pemilihan bank-bank tersebut karena banyak memiliki kantor kas yang banyak di daerahnya masing-masing sehingga memudahkan pelayanan ke nasabah, yakni pengusaha UMKM.

Untuk penyaluran pembiayaan lewat skema Posdaya, bunga dikenakan 12% dengan masa tenor 1 tahun. Sedangkan besarannya plavon kredit Rp2 juta/debitur dan jika lunas bisa mengajukan kredit lagi.

Dengan demikian, jika debitur anggota Posdaya cepat melunasi kreditnya maka bisa memohon kredit sebanyak-banyaknya. Jika diasumsikan setiap dua pekan, pinjaman sudah dapat dilunasi, maka setahun debitur anggota Posdaya bisa mendapatkan alokasi kredit Rp48 juta selama setahun.

Pemohon kredit lewat skema Posdaya, harus berkelompok sehingga kelancaran pengembalian kredit ditanggung renteng kelompok. “Dengan sistem tersebut, maka rasio NPL (non performing loan) bisa mencapai 0%,” ujarnya.

Realisasi pembiayaan UKM oleh Yayasan Damandiri pada 2013, kata Haryono, juga mencapai Rp1 triliun dengan komposisi 20% lewat skema Posdaya dan 80% untuk UMKM non program dengan bunga komersial.

Proporsi pembiayaan sektor perdagangan, banyak mendominasi pengucuran kredit, selanjutnya industri rumah tangga, dan sisanya pertanian.

Sampai saat ini, sudah 7 juta UMKM yang dibiayai Yayasan Damandiri, sedangkan khusus untuk nasabah dar Posdaya sebanyak 526.000 kelompok.

Pada 2014, diperkirakan dana sebesar Rp1 triliun dapat diserap sekitar 2-3 juta anggota Posdaya dan UMKM karena plavon kredit untuk pengusaha mikro hanya Rp2 juta/orang/tahun.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Satuan Tugas Daerah (Satgasda) Konsultan Keuangan Mitra Bank Malang Sunardi mengatakan realisasi penyaluran kredit UMKM lewat fasilitasi lembaga tersebut mencapai Rp174,456 miliar dengan total UMKM sebanyak 2.499 pengusaha.

Khusus untuk penyaluran kredit mikro lewat skema Posdaya sebanyak Rp5,736 miliar dengan 2.408 debitur. “Untuk tahun ini, diharapkan dapat disalurkan kredit untuk pengusaha mikro lewat Posdaya sebanyak Rp10 milar,” ujarnya.

Selain pembiayaan, Yayasan Damandiri juga mendorong masyarakat untuk menabung melalui produk Pundi dan Tabur Puja di tiga bank tersebut.

Jumlah Posdaya sampai saat ini, berkisar antara 30.000-35.000 kelompok, sedangkan universitas yang menggelar kuliah kerja nyata tematik dengan memberdayakan Posdaya, sebanyak 200 perguruan tinggi. Untuk Kabupaten/kota yang suda ada Posdayanya sebanyak 250 daerah.(k24)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Choirul Anam
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper