Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Reservasi Tiket Penerbangan Online Capai Rp300 Miliar/Bulan

Nilai reservasi tiket penerbangan secara online diprediksi mencapai Rp300 miliar setiap bulan. Sementara itu, nilai reservasi hotel secara online diperkirakan mencapai Rp2 triliun per tahun.
Indonesia merupakan pasar  potensial untuk mengembangkan pasar travel online. /bisnis.com
Indonesia merupakan pasar potensial untuk mengembangkan pasar travel online. /bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA—Nilai reservasi penerbangan secara online diprediksi mencapai  Rp300 miliar setiap bulan. Sementara itu, nilai reservasi hotel secara online diperkirakan mencapai Rp2 triliun per tahun.

Dimas Surya, CFO Tiket.com mengatakan Indonesia merupakan pasar  potensial untuk mengembangkan pasar travel online. Sebab, pertumbuhan  pemesanan hotel online meningkat 3-4 kali lipat setiap tahun.

Pemasukan terbesar masih datang dari wisatawan mancanegara yang  mencapai 80%.  “Kendati hanya 20%, potensi wisatawan lokal bisa terus dikembangkan,”  ujarnya, Kamis (9/1/2014).

Dia melanjutkan, pertumbuhan pengguna Internet yang sangat tinggi akan mendorong pertumbuhan sektor ini. Menurut data Badan Pusat Statistik, setidaknya ada 123 juta wisatawan lokal di Indonesia pada 2011.

Sementara itu, data dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyebutkan  peningkatan jumlah wisatawan rata-rata mencapai 31,72% dalam 5 tahun terakhir.

Managing Director Tiket.com Gaery Michael  mengatakan saat ini pihaknya memiliki sekitar 800.000 pelanggan dengan 60% diantaranya merupakan pelanggan loyal yang melakukan sejumlah transaksi lanjutan. Sementara itu, rata-rata transaksi meningkat 30% setiap bulan.

Tahun lalu, perusahaan telah menjalin kerja sama dengan tujuh  penerbangan di Indonesia dengan 90 rute. Selain itu, tak kurang dari 1.800 hotel di Indonesia dan 85.000 hotel internasional juga sudah  bekerja sama. Pada 2014, perusahaan membuka lini bisnis baru dengan  menawarkan reservasi online untuk rental mobil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper