Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Ditjen SDA Belum Tindak Lanjuti Pengguguran Pemenang Konstruksi Waduk Karian

Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum belum menindaklanjuti pembatalan penetapan pemenang tender konstruksi Waduk Karian senilai Rp1,7 triliun.n
 Ilustrasi proyek waduk. /
Ilustrasi proyek waduk. /

Bisnis.com, JAKARTA - Ditjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum belum menindaklanjuti pembatalan penetapan pemenang tender konstruksi Waduk Karian senilai Rp1,7 triliun.

Dirjen Sumber Daya Air Mohammad Hasan mengatakan hingga saat ini dirinya belum menerima laporan resmi mengenai hal tersebut.

"Selama belum ada suratnya, saya tidak melakukan apa-apa. Bahkan saya belum tahu ada keputusan seperti itu," katanya saat dihubungi Bisnis, Selasa (7/1/2014).

Kemarin, Kepala Badan Pembina Konstruksi (BP Kon) Hediyanto W. Husaini menjelaskan pembatalan Konsorsium Daelim dengan PT Wijaya Karya Tbk. (Wika)  sebagai pemenang disebabkan adanya gugatan dari perserta yang kalah.

Menurut rekanan tersebut, tahapan lelang itu tidak sesuai dengan aturan lazim dalam proses tender Indonesia, seperti pengundangan penawaran dan tidak jelasnya saksi.

Untuk dapat melanjutkan proyek tersebut, maka diperlukan tender ulang dengan mengubah volume dan desain paket pekerjaan. "Ya kalau memang harus tender ulang memang harus diubah paket pekerjaannya. Tapi hingga sekarang belum ada persiapan ke sana," ujar Hasan.

Dalam rencana, waduk Karian berkapasitas 219 juta meter kubik dengan debit air sekitar 14,6 meter kubik dan diperkirakan akan memakan waktu pembangunan 3 hingga 4 tahun.

Keberadaaan waduk tersebut ditujukan untuk mencukupi kebutuhan air baku untuk perkotaan dan industri di kawasan Tangerang, Serang, dan Cilegon dengan kapasitas 9,1 meter kubik per detik.

Selain itu, air dari waduk tersebut juga ditujukan untuk keperluan irigasi di kawasan Ciujung seluas 23 hektar, pengendalian banjir di jalan Tol Tangerang-Merak, dan sebagian kecil untuk listrik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper