Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RI Belum Siap, Media Diminta Bantu Sosisalisasi Ekonomi Asean 2015

Kementerian Luar Negeri meminta media ikut membantu menyiapkan masyarakat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Luar Negeri meminta media ikut membantu menyiapkan masyarakat dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean 2015.

Direktur Jenderal Informasi dan Diplomasi Publik A.M. Fachir mengatakan praktis hanya tinggal 2 tahun lagi tersisa sebelum penerapan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) pada 31 Desember 2015.

Namun demikian, ujarnya, masyarakat Indonesia secara umum masih terlihat belum siap memasuki era pasar bebas di kawasan tersebut.

"Kesan saya, sepertinya masyarakat kita [Indonesia] belum siap hadapi MEA 2015. Pemerintah tidak bisa sendiri menyiapkan masyarakat ini, harus dibantu pihak lain. Dan yang dampaknya paling besar itu media," ujarnya di Jakarta, Senin (23/12/2013).

Peran media, ujarnya, sangat besar dalam membantu menyiapkan masyarakat, khususnya pihak-pihak yang akan terkena dampak langsung penerapan MEA 2015, seperti para pelaku sektor usaha mikro, kecil, dan menengah.

Para aktor usaha ini, ujarnya, perlu diberondong informasi agar sadar dan bersiap sehingga pada akhirnya tidak akan kalah bersaing dengan para pelaku usaha dari negara Asean lainnya.

"Saya ambil contoh di salah satu negara Asean, medianya rajin menyediakan setengah halaman untuk edukasi kepada publik menjelang MEA 2015. Anggap saja bentuk tanggung jawab sosial media untuk masyarakat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Editor : Sepudin Zuhri

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper