Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Januari 2014, Harga Perabot Elektronik Naik 3%

PT Midea Planet Indonesia berencana menaikkan harga jual perabot elektronik sekitar 3% pada Januari 2014 sebagai respons atas pelemahan nilai rupiah terhadap dolar AS.
/Ilustrasi
/Ilustrasi

Bisnis.com, SURABAYA--PT Midea Planet Indonesia berencana menaikkan harga jual perabot elektronik sekitar 3% pada Januari 2014 sebagai respons atas pelemahan nilai rupiah terhadap dolar AS.

Presiden Direktur Midea Jino Sugianto menguraikan perusahaan pada 2013 telah menaikkan harga jual produk elektronik 6%. Penaikan itu berdasar asumsi nilai rupiah terhadap dolar Rp10.500.

"Sepanjang 2013 sebenarnya dolar sudah naik 25% tapi kami menaikkan harga 6%. Dengan kondisi terakhir Rp12.300 maka kami menaikkan bertahap rencananya 3% pada Januari," jelasnya di Surabaya, Senin (23/12/2013).

Midea di Indonesia memasarkan sejumlah produk elektronik, di antaranya air conditioner (AC), mesin cuci, lemari es dan peralatan rumah tangga lainnya. Semua produk itu diimpor dari China.

Jino menuturkan penjualan AC memiliki porsi 55% dari semua produk elektronik yang dipasarkan. Sedangkan mesin cuci 25% dan lemari es beserta produk sejenis 15% dan sisanya alat rumah tangga lainnya.

 "Memang kenaikan harga di pasar elektronik sangat mempengaruhi penjualan. Bila pada 2013 kami bisa bukukan penjualan US$22 juta atau naik 30% maka 2014 kami target pertumbuhan setidaknya sama," urainya soal proyeksi penjualan elektronik tahun depan.

Menurutnya,  proyeksi optimistis tersebut disebabkan kebutuhan hunian dan perkantoran akan pendingin ruangan tetap tinggi. Sehingga meski ada potensi penurunan minat pasar tapi kebutuhan pendingin ruangan tetap ada.

Selain itu, katanya, penjualan akan didorong dengan penambahan 10 outlet pada 2014. Fasilitas itu akan memperkuat layanan 8 cabang, 4 kantor perwakilan dan 200 outlet yang ada saat ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Miftahul Ulum
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper