Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pengangguran 2014 Ditarget Turun Jadi 7,24 Juta

Jumlah pengangguran terbuka pada 2014 ditargetkan turun menjadi 7,24 juta orang seiring dengan meningginya kesempatan kerja yang diperkirakan mencapai untuk 1,87 juta orang dari 9 sektor usaha.
Ashari Purwo Adi N
Ashari Purwo Adi N - Bisnis.com 18 Desember 2013  |  19:38 WIB
Ribuan buruh gabungan dari berbagai perusahaan berkumpul di depan gerbang Tol Jakarta - Merak KM-57, Ciujung, Serang, Banten, Selasa (3/11). Mereka memblokir perempatan di depan gerbang tol Ciujung mengakibatkan kemacetan di jalan tol maupun jalan non tol Jakarta-Merak.  - antara
Ribuan buruh gabungan dari berbagai perusahaan berkumpul di depan gerbang Tol Jakarta - Merak KM-57, Ciujung, Serang, Banten, Selasa (3/11). Mereka memblokir perempatan di depan gerbang tol Ciujung mengakibatkan kemacetan di jalan tol maupun jalan non tol Jakarta-Merak. - antara

Bisnis.com, JAKARTA - Jumlah pengangguran terbuka pada 2014 ditargetkan turun menjadi 7,24 juta orang seiring dengan meningginya kesempatan kerja yang diperkirakan mencapai untuk 1,87 juta orang dari 9 sektor usaha.

Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar mengatakan jumlah pengangguran ditarget berkurang dari angka Agustus 2013 yang mencapai 7,39 juta orang. Pengurangan pengangguran itu seiring optimisme pertumbuhan perekonomian Indonesia.

“Jumlah penganggur terbuka akan turun menjadi 7,24 juta meski angkatan kerja baru diprediksi bertambah 1,72 juta,” katanya, Rabu (18/12/2013).

Pemerintah akan melakukan berbagai upaya untuk membuka lapangan pekerjaan di berbagai sektor untuk mengimbangi adanya tambahan angkatan kerja baru yang bertambah setiap tahunnya.

“Pemerintah akan menggenjot penciptaan lapangan kerja sektoral untuk menyerap pengangguran.”
Target kesempatan tenaga kerja sektoral tersebut seiring dengan jalannya masing-masing sektor yang sudah tertuang dalam MP3EI. “Setiap kementerian pembina koridor MP3EI diharap mampu memperhatikan penciptaan kesempatan kerja di sektor tersebut.”

Muhaimin merinci kesempatan kerja di sektor pertanian Pertanian akan berkontribusi menyerap pengangguran sebanyak 0,01 juta orang; pertambangan 0,03 juta orang; industri pengolahan 0,67 juta orang; industri listrik, gas dan air 0,01 juta orang; dan sektor Bangunan 0,35 juta orang.

Adapun sektor perdagangan ditarget menyerap 0,39 juta penganggur; sektor angkutan menyerap 0,01 juta penganggur, sektor keuangan 0,15 juta orang; dan sektor jasa menyerap sebanyak 0,25 juta penganggur.

Sementara itu, untuk meningkatkan kualitas angkatan kerja, Kemenakertrans mendorong lembaga latihan berupa vocational training atau pelatihan teknis melalui balai latihan kerja (BLK) yang dimiliki instansi pemerintah, baik pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

angka pengangguran
Editor : Fatkhul-nonaktif
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top