Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Indonesia-Jepang Perkuat Kerja Sama Perdagangan dan Investasi

Kementerian Perdagangan akan mendukung upaya peningkatan hubungan kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Jepang dalam bidang perdagangan dan investasi.
 RI-Jepang perkuat kerja sama perdagangan. /Ilustrasi
RI-Jepang perkuat kerja sama perdagangan. /Ilustrasi

Bisnis.com, JAKARTA—Kementerian Perdagangan akan mendukung upaya peningkatan hubungan kerja sama ekonomi antara Indonesia dengan Jepang dalam bidang perdagangan dan investasi.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan peningkatan hubungan kerja sama tersebut melalui kerja sama antar-pemerintah, pemerintah dan pelaku usaha, serta antar-pelaku usaha. Hal tersebut dibahas dalam ASEAN-Japan Economic Forum 2013.

“Adanya forum tersebut merupakan wadah untuk membahas visi dan misi masa depan kerja sama ekonomi ASEAN-Jepang. Selain itu, untuk memperingati hubungan kerja sama yang telah terjalin selama 40 tahun,” kata Gita dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Selasa (17/12/2013).

Penyelenggaraan Forum tersebut sebagai salah satu rangkaian kegiatan 40th ASEAN-Japan Commemorative Summit pada 13-15 Desember 2013 di Tokyo, Jepang. Forum ini dihadiri oleh kalangan pemerintah, pelaku usaha, dan akademisi di Jepang.

Dia menambahkan Asean memandang Jepang sebagai mitra strategis dalam mencapai kemajuan bersama dalam segala bidang, khususnya di bidang ekonomi. Hal tersebut membuktikan adanya hubungan baik, kepercayaan, dan keuntungan bersama.

Kemajuan tersebut diperoleh melalui utilisasi ASEAN Japan Comprehensive Economic Partnership, penyelesaian perundingan di bidang perdagangan jasa dan investasi, pemanfaatan peran ASEAN-Japan Center, dan implementasi yang efektif atas 10-yearStrategic Economic Cooperation Roadmap antara ASEAN dan Jepang.

Gita menjelaskan Jepang merupakan negara mitra Asean yang telah mengembangkan jaringan produksinya selama hampir lima dekade. Investasi Jepang di Indonesia juga tergolong signifikan, mulai dari sektor padat karya, sektor finansial, hingga industri berbasis teknologi.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan, total perdagangan Indonesia-Jepang pada 2012 mencapai US$52,9 miliar, yang terdiri dari nilai ekspor senilai US$30,1 miliar dan impor senilai US$22,8 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Setyardi Widodo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper