Dorong Investasi Teknologi, Menko Airlangga Temui CEO LG CNS di Seoul

Perekonomian Indonesia terbukti mampu menunjukkan ketangguhan dalam menahan gejolak dengan capaian pertumbuhan yang impresif pada tahun 2023 sebesar 5,05% (yoy)
Foto: Dorong Investasi Teknologi, Menko Airlangga Temui CEO LG CNS di Seoul
Foto: Dorong Investasi Teknologi, Menko Airlangga Temui CEO LG CNS di Seoul

Bisnis.com, JAKARTA - Meski dihadapkan dengan stagnasi ekonomi global dan gejolak pasar keuangan saat ini, perekonomian Indonesia terbukti mampu menunjukkan ketangguhan dalam menahan gejolak dengan capaian pertumbuhan yang impresif pada tahun 2023 sebesar 5,05% (yoy) dan tetap tumbuh solid sebesar 5,11% (yoy) pada triwulan I-2024. Pertumbuhan ekonomi nasional ini bahkan mampu melebihi perkiraan sejumlah lembaga internasional seperti IMF dan World Bank. 

Seiring dengan resiliensi kondisi perekonomian nasional tersebut, kerja sama bilateral Indonesia dengan sejumlah negara juga terus mengalami penguatan, salah satunya dengan Korea Selatan. Total nilai perdagangan bilateral Indonesia dan Korea Selatan sendiri mencapai USD20,8 miliar pada tahun 2023. Selain itu, Korea Selatan juga menjadi salah satu investor terbesar Indonesia pada tahun 2023 dengan total Foreign Direct Investment senilai sekitar USD2,5 miliar. Jumlah investasi tersebut mengalami peningkatan senilai USD200 juta atau sebesar 8,70% dari tahun 2022. 

Sebagai upaya dalam memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan Korea Selatan tersebut, dalam agenda kunjungan kerja ke Korea Selatan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bertemu CEO LG CNS Shingyoon Hyun di Seoul, Korea Selatan, Senin (20/05). Dalam kesempatan tersebut Menko Airlangga menyampaikan apresiasi kepada LG CNS yang telah menandatangani MOA dengan Sinar Mas Group untuk pendirian Joint Ventura (JV) PMA di bidang layanan konsultasi manajemen data center serta Information and Communication of Technology (ICT) yang ditargetkan pada selesai pada semester II tahun 2024.

“Kami berharap agar Korea Selatan dapat meningkatkan investasinya di berbagai bidang, salah satunya di bidang pengembangan teknologi ini, termasuk juga untuk peningkatan SDMnya dengan dukungan pelatihan di bidang teknologi tentunya,” ungkap Menko Airlangga.

Adapun JV tersebut akan menyasar layanan ICT dalam pengembangan smart city, termasuk layanan konsultasi migrasi data berbasis cloud computing. Lebih lanjut, Menko Airlangga berharap agar LG CNS dapat menjaga dan mewujudkan komitmen pendirian data center JV ini pada semester II tahun 2024.

Selanjutnya, Menko Airlangga juga mengapresiasi komitmen LG CNS dalam mendukung pengembangan smart city di Indonesia. Lebih lanjut, LG CNS telah terlibat dalam perancangan Konsep Smart City untuk Ibu Kota Nusantara (IKN) sejak Desember 2022 lalu. Proyek ini bertujuan untuk mengintegrasikan AI, data, teknologi cloud dalam layanan pintar untuk IKN. Ke depannya, LG CNS diharapkan dapat memperluas investasinya hingga ke Indonesia dan dapat menciptakan bisnis berkelanjutan dan mengembangkan perekonomian Indonesia melalui pembentukan platform teknologi terdepan


Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper