Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Pemerintah Alokasikan Rp50 Miliar Dukung Koperasi Perempuan

Pemerintah mengalokasikan pembiayaan sebesar Rp50 miliar untuk meningkatkan sekitar 1.000 unit koperasi yang dikelola kaum perempuan melalui program Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera.
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 16 Desember 2013  |  12:10 WIB
Pemerintah Alokasikan Rp50 Miliar Dukung Koperasi Perempuan
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pemerintah mengalokasikan pembiayaan sebesar  Rp50 miliar untuk meningkatkan sekitar 1.000 unit koperasi yang dikelola kaum perempuan melalui program Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera.

Meliadi Sembiring, Deputi Bidang Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan program ini merupakan bantuan bagi pengembangan koperasi Perempuan Keluarga Sehat dan Sejahtera (Perkassa) maupun koperasi wanita lain di perkotaan dan perdesaan.

“Makna bantuan yang kami berikan kepada mereka sangat banyak. Selain memicu perkembangan dan peningkatan usaha mikro dan kecil anggota koperasi, juga memicu pertumbuhan usaha mikro dan kecil,” katanya kepada Bisnis, Senin (16/12/2013).

Program ini diharapkan mampu menjadi penanggulangan bagi penurunan angka kemiskinan maupun penanggulangan angka pengangguran yang diinisiasi dari usaha mikro dan kecil, melalui kegiatan usaha yang dikelola perempuan.

Dengan adanya bantuan permodalan tersebut, katanya, pemerintah berharap bisa mendukung modal kerja, sehingga mampu mewujudkan peningkatan jumlah usaha mikro dan kecil sekaligus peningkatan usahanya.

Kendati demikian, ada tahapan yang harus dilalui koperasi untuk mendapatkan modal kerja tersebut. Pada tahap awal harus melalui pengusulan yang disampaikan dengan proposal usaha, untuk selanjutnya diseleksi di daerah masing-masing dan ditetapkan penetapannya.

Tahap ketiga, baru dinyatakan berhasil atau gagal, dan bagi koperasi yang melewati tahap akhir segera menerima pembiayaan yang disampaikan melalui rekening koperasi masing-masing.

“Syarat utama dari pencairan dana adalah usaha anggota koperasi benasr-benar produktif.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

wirausaha umkm kemenkop modal koperasi koperasi bisnis
Editor : Nurbaiti
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top