Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Harga Pangan Dunia Selama November Stabil

Harga pangan dunia datar pada November karena harga-harga secara keseluruhan tetap stabil, dengan penurunan harga gula mendorong indeks utama lebih rendah di tengah kenaikan harga minyak goreng, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengatakan Kamis (5/12/2013).

Bisnis.com, ROMA -Harga pangan dunia datar pada November karena harga-harga secara keseluruhan tetap stabil, dengan penurunan harga gula mendorong indeks utama lebih rendah di tengah kenaikan harga minyak goreng, Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) mengatakan Kamis (5/12/2013).

FAO juga memperkirakan produksi biji-bijian dan sereal di seluruh dunia, termasuk beras, akan mencapai tertinggi baru sepanjang waktu pada tahun ini, kemungkinan menjamin stabilitas harga untuk sektor pangan juga.

Harga-harga naik pada Oktober setelah jatuh di masing-masing lima bulan sebelumnya. Setelah bertahan stabil dibandingkan dengan tingkat Oktober pada November, harga masih 4,4 persen lebih rendah daripada setahun lalu.

Meskipun harga-harga stabil dalam beberapa bulan terakhir dan diperkirakan untuk bulan-bulan mendatang juga, FAO, dalam Laporan Prospek Tanaman dan Situasi Pangan, memprediksi cuaca kering di negara-negara Afrika Barat, yaitu Chad, Mali, Mauritania, Niger dan Senegal akan merugikan produksi di sana dan dapat menyebabkan risiko kelaparan menuju ke tahun depan.

Sejauh ini, tulis Antara mengutip Xinhua -pada 2013 telah melihat harga-harga pangan paling stabil dalam setidaknya lima tahun, menyusul tahun bergejolak luar biasa untuk harga-harga pangan pada 2012.

Prospek pangan dunia FAO didasarkan pada sekeranjang 55 barang dan 73 kutipan harga dalam lima kelompok komoditas pangan utama.

Indeks harga pangan dunia FAO berikutnya akan dirilis pada 9 Januari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper