Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Soekarno-Hatta Padat, Sejumlah Maskapai Ajukan Penerbangan dari Halim

Menhub mengungkapkan beberapa maskapai mengajukan permohonan untuk membuka jadwal penerbangan di Bandara Halim antara lain Garuda, AirAsia, Batik Air, Citilink, Lion Air dan Mandala.
Antrean Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta/Bisnis
Antrean Penumpang di Bandara Soekarno-Hatta/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA--Pemerintah tengah  menyiapkan dua rencana aksi sebagai solusi atas padatnya Bandara Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten.

Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengatakan pihaknya akan mengembangkan Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, yang akan selesai tahun 2014.

Selain itu, pemerintah juga akan memindahkan penerbangan tujuan tertentu ke Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

"Kemungkinan Bandara Halim Perdanakusumah akan dibuka untuk pesawat komersial pada awal Januari 2014," kata Mangindaan di Jakarta, Senin (18/11) seperti dikutip situs resmi Sekretariat Kabinet.

Menurut Mangindaan, pengoperasian jadwal pesawat komersial untuk bandara Halim Perdanakusuma adalah untuk mengurangi kesibukan penerbangan di Bandara Soekarno-Hatta yang dinilai telah sangat padat.

Ia memaparkan jumlah jadwal penerbangan komersial pada awalnya akan mencakup tiga penerbangan per jam, namun diharapkan dapat terus bertambah hingga mencapai lima atau enam penerbangan pesawat reguler setiap jamnya.

Menhub  mengungkapkan  beberapa maskapai mengajukan permohonan  untuk membuka jadwal penerbangan di  Bandara Halim antara lain Garuda, AirAsia, Batik Air, Citilink, Lion Air dan Mandala.

Namun, lanjut Menhub, pihaknya akan membicarakan dengan berbagai pihak terkait untuk melakukan pengkajian atas berbagai tawaran ketertarikan sejumlah maskapai tersebut sebelum memutuskan lebih lanjut.

General Manager PT Angkasa Pura II, Iwan Krishadianto menyatakan kesiapan untuk mengoperasikan kembali Bandara Halim bagi penerbangan komersial. 

Dia memperkirakan rencana tersebut akan  terwujud seiring dengan program revitalisasi terminal yang diprediksi selesai pada bulan Desember 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Ismail Fahmi
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper