Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kadin Indonesia Usulkan Penghapusan Subsidi BBM

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan kepada pemerintah untuk menghapuskan subsidi dan menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM)

Bisnis.com, BOGOR - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengusulkan kepada pemerintah untuk menghapuskan subsidi dan menyesuaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Hal itu disampaikan Ketua Umum Kadin Suryo Bambang Sulisto kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan segenap jajaran Kabinet Indonesia Bersatu II dalam silaturahmi antara pengurus Kadin dengan pemerintah di Komplek Istana Kepresidenan Bogor, Senin (4/11/2013).

Kadin menilai pemberian subsidi BBM pada saat ini masih belum tepat sasaran karena masih banyak golongan mampu yang mendapatkan subsidi BBM.

"Kadin mengusulkan agar subsidi BBM dihapus dan harga disesuaikan dengan internasional seperti di beberapa negara lain," ujar Suryo.

Sebagai gantinya, Suryo mengusulkan peningkatan subsidi yang lebih tepat sasaran yaitu subsidi bagi golongan masyarakat tidak mampu dan peningkatan infrastruktur yang penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sebagai tanggapan terhadap rekomendasi Kadin, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa penghapusan subsidi merupakan tindakan drastis yang dapat berdampak pada kemiskinan.

"Mengurangi subsidi BBM, menaikkan harga BBM, maka direct impact-nya pada kemiskinan itu tinggi," ujar SBY.

Hal itu tidak paralel dengan program pemerintah untuk menekan angka kemiskinan. SBY mencontohkan bahwa pemerinta telah berhasil menurunkan tingkat kemiskinan secara bertahap dari 16%-17% hingga menjadi 11% pada saat ini. Namun, penerapan penghapusan subsiddi BBM secara kesuluruhan justru dapat membalikan kembali tingkat kemiskinan ke angka sebelumnya.

"Begitu kita adakan kebijakan drastis, mulai besok tidak ada subsidi, itu [tingkat kemiskinan] bisa terjungkal, bisa mencapai 17%-18%," jelasnya.

Kepala Negara juga menuturkan bahwa pemerintah sudah memiliki cetak biru kebijakan subsidi BBM agar tidak membebani kas negara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Anggi Oktarinda
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper