Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina Buka Gerai Solar Nonsubsidi di Merauke

Pertamina berupaya meningkatkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar nonsubsidi di kawasan Indonesia Timur.

Bisnis.com, JAKARTA--PT Pertamina (Persero) berupaya meningkatkan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) jenis solar nonsubsidi di kawasan Indonesia Timur dengan membuka gerai penjualannya di Merauke, Papua.

Muhammad Iskandar, Vice President BBM Retail Pertamina, mengatakan wilayah Merauke memiliki potensi pasar yang cukup besar untuk penjualan BBM nonsubsidi.

Pasalnya, di wilayah tersebut banyak terdapat kendaraan angkutan perkebunan yang tidak dibolehkan menggunakan BBM subsidi.

“Ini adalah gerai penjualan solar nonsubsidi keempat di wilayah Papua, dua diantaranya ada di Jayapura, dan satu gerai sisanya di Mimika.

Dengan tambahan outlet ini, kami berharap bisa menekan konsumsi solar bersubsidi di Indonesia Timur,” katanya melalui siaran pers di Jakarta, Selasa (29/10/2013).

Iskandar menuturkan perseroan memperkirakan konsumsi solar di Merauke hingga akhir tahun bisa mencapai 18.500 kiloliter (kl), atau 2% lebih tinggi dibandingkan dengan kuota yang sudah ditetapkan sebanyak 18.000 kl.

Tingginya konsumsi solar itu disebabkan tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor di wilayah itu yang mencapai 5% per tahun.

Saat ini saja, ada sekitar 5.365 unit kendaraan bermotor yang tercatat di kabupaten paling timur Indonesia itu.

Untuk memudahkan pengawasan, Pertamina memberikan warna merah pada solar nonsubsidi.

Dengan begitu, semua pihak dapat dengan mudah membedakan dan mengawasi penggunaan solar bersubsidi dan nonsubsidi.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper