Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kadin Pelopori Pusat Latihan Usaha Terpadu

Kadin Indonesia mempelopori pendirian Pusat Latihan Usaha Terpadu yang bertujuan meningkatkan skala usaha Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Tanah Air.
Mulia Ginting Munthe
Mulia Ginting Munthe - Bisnis.com 28 Oktober 2013  |  18:56 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kadin Indonesia mempelopori pendirian Pusat Latihan Usaha Terpadu yang bertujuan meningkatkan skala usaha Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah di Tanah Air.

Lembaga PLUT mirip dengan Pusat Layanan Usaha Rakyat yang dibentuk oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

Kedua program itu memiliki tujuan sama yakni meningkatkan peranan pelaku UKM bagi perekonomian nasional. Bedanya, PLUT sudah berjalan, sedangkan PLUR masih pada tahap inisisasi.

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia, Erwin Aksa, optimistis PLUR memiliki fungsi sama bagi peningkatan kapasitas UKM ke jenjang lebih besar (scaling-up).

”Untuk itulah kami menginisisasi pendirian PLUR di setiap wilayah. Konsep  PLUR adalah layanan satu atap dan satu pintu terhadap berbagai kebutuhan untuk pengembangan kapasitas. Misalnya perizinan usaha, pendampingan, pembinaan, konsultasi sampai ke inkubasi,” katanya kepada Bisnis, Senin (28/10).

Kadin mengusulkan PLUR dikelola oleh Badan Layanan Umum (BLU) yang melibatkan semua pemangku kepentingan di pusat maupun daerah.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kadin indonesia
Editor : Yusran Yunus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top