Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sharp Targetkan Penjualan Plasmacluster Tumbuh 25%

PT Sharp Electronics Indonesia menargetkan penjualan barang elektronik berbasis kesehatan dengan teknologi air purifier maupun plasma cluster tumbuh 25% pada 2014.
Pekerja PT Sharp Electronics Indonesia/Antara
Pekerja PT Sharp Electronics Indonesia/Antara

Bisnis.com, JAKARTA – PT Sharp Electronics Indonesia menargetkan penjualan barang elektronik berbasis kesehatan dengan teknologi air purifier maupun plasma cluster tumbuh 25% pada 2014.

Frans Wibowo, Product Marketing Manager PT Sharp Electronics Indonesia mengatakan target pertumbuhan penjualan tersebut ditingkatkan seiring dengan strategi market dengan membidik pasar rumah tangga (family market).

“Untuk tahun ini penjualan plasma cluster secara total 30.000 unit per bulan, dan untuk air purifier nya saja baru 5.000 unit per bulan. Tahun depan untuk air purified kami targetkan 10.000 unit/bulan,” katanya usai berkunjung ke kantor Bisnis Indonesia, Selasa (22/10/2013).

Dia mengungkapkan dalam pemasaran produk berbasis kesehatan di Indonesia membutuhkan waktu cukup lama.

Menurutnya, masyarakat di Indonesia perlu edukasi mengenai pentingnya kesehatan. “Pasar terbesar kami untuk produk kesehatan masih China, lalu disusul Amerika dan Indonesia, sedangkan Malaysia justru lebih rendah,” katanya.



Adapun Sharp memiliki pangsa pasar untuk produk televise dari berbagai kategori pada 2013 memiliki yakni sebesar 30,5%, meningkat dibandingkan tahun lalu yakni 28,80%. Untuk produk AC memiliki pangsa pasar tahun ini 20,4% atau turun dari 2012 yakni 30,30%, dan produk refrigerator tahun ini 26,70%, atau turun dari tahun lalu yakni 33,9%, sedangkan mesin cuci 31,9% atau naik dari tahun lalu yakni 28,6%.

“Produk televisi kami masih nomor 3 di Indonesia, AC nomor 2, refrigerator nomor 2 dan mesin cuci nomor 2,” katanya.

Masahito Matsumura, Senior General Manager - Brand Startegy Group Sharp, mengatakan saat ini Sharp sudah memiliki 2 pabrik di Indonesia, yakni di Pulogadung Jakarta dan di Karawang. “Pabrik baru kami di Karawang sudah beroperasi pada September 2013,” katanya.

Di Karawang, Sharp memiliki kapasitas produksi 1,68 juta unit per tahun untuk produk lemari es dan mesin cuci.

Kapasitas tersebut 2,5 kali lebih besar dari kapasitas pabrik di Pulogadung. Untuk produksi mesin cuci, pabrik di Karawang memiliki luas 13.809 m2 dan untuk lemari es 31.007,5 m2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper