Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penggenangan Waduk Jatibarang November 2013

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah memastikan pengisian air waduk Jatibarang di Semarang dapat selesai pada November 2013, menyusul progres fisik yang sudah mencapai 84,15%.Pelaksana Harian Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Indra Bangun

Bisnis.com, JAKARTA- Pemerintah memastikan pengisian air waduk Jatibarang di Semarang dapat selesai pada November 2013, menyusul progres fisik yang sudah mencapai 84,15%.

Pelaksana Harian Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana Indra Bangun mengatakan saat ini pekerjaan timbunan tubuh bendungan yang telah mencapai elevasi 137.00 meter, dan direncanakan akan mencapai elevasi puncak +157.00 meter pada akhir Oktober 2013 sedang dilaksanakan.

“Sampai saat ini, pekerjaan timbunan tubuh bendungan masih sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan untuk dilakukan penggenangan pada November mendatang,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (24/9/2013).

Kendati demikian, penggenangan tersebut baru bisa dilakukan setelah relokasi tujuh tower  Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) yang ada dalam genangan selesai dipindahkan menjadi 12  tower baru di tepi area genangan.

Namun, dari 12 tower baru tersebut, ada dua tower yang berada di lahan Perhutani yang dijadwalkan dapat dikerjakan pada awal Agustus 2013 akan tetapi masih terkendala dalam proses pinjam pakai.

"Proses relokasi tersebut dijadwalkan selesai pada akhir Oktober 2013," ujarnya.

Dengan demikian, maka, pada akhir September 2013 proses tersebut dapat diselesaikan, sehingga proses penggenangan dapat dilakukan pada musim hujan akhir tahun ini.

Pembangunan Waduk Jatibarang dimulai pada 11 November 2009 dengan kontrak yang berakhir pada  8 Januari 2014.

Manfaat dari kegiatan Pembangunan Waduk Jatibarang adalah sebagai pengendali banjir dengan kapasitas 50 tahun, penyediaan air minum kota Semarang 1.050 liter/detik, obyek wisata masyarakat kota Semarang, dan PLTMH 1,5 MW. (ltc)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper