Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Begini Pentingnya Pengisian Awal dalam Pembangunan Waduk

Pengisian awal waduk adalah proses kruisal dalam pembangunan sebuah waduk, karena merupakan tahap pengujian perilaku bendungan.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Pengisian awal waduk adalah proses kruisal dalam pembangunan sebuah waduk, karena merupakan tahap pengujian perilaku bendungan.

Dalam masa tersebut, akan terlihat apakah bendungan tersebut sesuai dengan yang telah direncanakan melalui pemantauan berbagai macam instrument geoteknik yang telah dipasang pada tubuh bendungan dan sekitarnya.

Oleh karena itu, ketika pengisiaan waduk harus melibatkan para ahli untuk melakukan pengamatan dan pemantauan instrumen terpasang tersebut, serta melakukan evaluasi tentang keamanannya.

Misalnya saja pada pembangunan waduk Jatibarang di Semarang, Jawa Tengah. Sebelum pembangunan waduk tersebut dimulai, perlu dilakukan pengalihan aliran sungai Kreo, sehingga lokasi terbebas dari genangan air sungai.

Untuk mengalihkan sungai Kreo, maka dibuatlah terowongan pengelak sepanjang 421 m dengan diameter 5,6 m. Setelahnya, dibangun bendung pengelak sehingga aliran sungai dapat masuk ke dalam terowongan.

Ketika lokasi bendung telah bebas dari aliran air sungai, maka pembangunan bendungan dan pelengkap lainnya dapat dimulai pekerjaan fisiknya.

Jika konstruksi bendung telah selesai, terowongan pengelak harus ditutup agar aliran air sungai masuk ke dalam bendungan.

Waduk yang baru saja diresmikan baru-baru ini, diperkirakan memerlikan waktu kurang lebih 7 bulan untuk mencapai elevasi muka air normal yakni 149,3 m pada musim kemarau.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper