Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Infrastruktur Digenjot untuk Dukung Koridor Industri di Pulau Jawa

 

 

Bisnis. com, CIKARANG - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono berjanji mempercepat pembangunan infrastruktur untuk menunjang pengembangan klaster industri koridor Jawa.

Kepala Negara mengatakan pemerintah telah menetapkan pulau Jawa sebagai klaster industri berbasis teknologi dalam Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Industri yang dikembangkan di koridor Jawa adalah industri peralatan transportasi, industri tekstil, dan industri makanan minuman.

Koridor Jawa juga diarahkan untuk industri berteknologi tinggi seperti industri perkapalan, telematika, dirgantara, dan persenjataan.

Yudhoyono mengatakan pemerintah sadar pengembangan koridor Jawa membutuhkan peningkatan kapasitas infrastruktur energi, transportasi, dan logistik.

"Kita ingin, makin ke depan sistem logistik nasional kita makin efisien dan makin kompetitif," kata Presiden dalam peresmian pabrik PT Hankook Tire Indonesia hari ini, Selasa (17/9/2013).

SBY mengatakan komitmen pemerintah ditunjukkan dengan pengembangan Bandara Soekarno Hatta, Pelabuhan Tanjung Priok, dan infrastruktur logistik lain.

Selain itu, pemerintah tengah mengembangkan jaringan transportasi kereta api massal dari pinggirang kawasan metropolitan ke tengah kota.

Presiden juga menjanjikan pembangunan monorail dan jalur kereta api Manggarai—Bandara Soekarno Hatta segera terealisasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper