Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Infrastruktur: Apa Itu Kajian Amdal & Andal?

Bisnis.com, JAKARTA--Pengembangan sebuah kawasan baik berupa pembangunan permukiman, kawasan indusri ataupun usaha lainnya patut memperhitungkan daya dukung lingkungan setempat yang dituangkan dalam satu studi dan kelayakan khusus.Selama ini dikenal

Bisnis.com, JAKARTA--Pengembangan sebuah kawasan baik berupa pembangunan permukiman, kawasan indusri ataupun usaha lainnya patut memperhitungkan daya dukung lingkungan setempat yang dituangkan dalam satu studi dan kelayakan khusus.

Selama ini dikenal sejumlah istilah, terkait kepentingan keamanan lingkungan atas hadirnya sebuah permukiman baru, pabrik ataupun industri tertentu yang harus memenuhi persyaratan tertentu    

Berikut beberapa istilah dan defenisi penting terkait kepentingan lingkungan.

Analisis dampak lingkungan hidup (Andal) adalah telaahan secara cermat dan mendalam tentang dampak besar dan penting suatu rencana usaha dan/atau kegiatan.

Ketentuan yang mewajibkan telaah Andal tertuang dalam peraturan pemerintah (PP) No. 27 Tahun 1999.

Analisis mengenai dampak lingkungan hidup (Amdal) adalah kajian mengenai dampak besar dan penting suatu usaha dan/atau kegiatan yang direncanakan pada lingkungan hidup yang diperlukan bagi proses pengambilan keputusan tentang penyelenggaraan usaha dan/atau kegiatan.

Amdal juga mengacu kepada PP No. 27 tahun 1999.

Adapula istilah Analisis risiko yakni proses identifikasi risiko, perkiraan kemungkinan kejadian, serta evaluasi dampak potensial yang akan muncul dari suatu rencana kegiatan/proyek secara kualitatif dan kuantitatif.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper