Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Relokasi Kargo ke Cikarang Timbulkan Biaya Baru

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai Tanjung Priok menyatakan tidak dapat melakukan pemindahan lokasi penumpukan barang secara sepihak dari pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan pabean Cikarang Dry Port karena akan menambah

Bisnis.comJAKARTA - Kantor Pelayanan Umum Bea dan Cukai Tanjung Priok menyatakan tidak dapat melakukan pemindahan lokasi penumpukan barang secara sepihak dari pelabuhan Tanjung Priok menuju kawasan pabean Cikarang Dry Port karena akan menambah beban biaya bagi importir.

Kepala Kantor Pelayanan Utama (KPU) Bea dan Cukai Tanjung Priok Wijayanta menjelaskan pindah lokasi penumpukan (PLP) sejumlah kargo dari Jakarta Timur yang ditumpuk di Jakarta International Container Terminal (JICT) menuju kawasan pabean Cikarang Dry Port (CDP) harus memenuhi sejumlah kriteria.

“Barang-barang yang bisa di PLP harus memenuhi persyaratan dan kriteria sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya dalam surat elektronik kepada Bisnis, Selasa (27/8/2013).

Wijayanta menyatakan  kegiatan pindah lokasi penumpukan dapat menambah cost bagi importir dan pihak KPU Bea dan Cukai Tanjung Priok tidak mempunyai andil dalam penambahan cost bagi importir.

Dia melanjutkan pindah lokasi penumpukan hanya dilakukan untuk barang yang memenuhi sejumlah kriteria yang telah diatur dalam ketentuan yang berlaku.

Pemindahan barang ke Cikarang Dry Port menurutnya merupakan proses bussines to bussines dan pemindahan barang dari Jakarta International Container Terminal ke Cikarang Dry Port sudah diatur oleh Peraturan Menteri Keuangan dan Peraturan Dirjen Bea dan Cukai melalui mekanisme BC 1.1 dan BC 1.2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper