Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kamus Infrastruktur: Tata Ruang? Apa Saja Kaitannya?

Bisnis.com, JAKARTA--Persoalan tata ruang menjadi kunci pengembangan bisnis kawasan dan properti di suatu wilayah.Karena itu pemahaman yang benar dan taat hukum atas pengembangan suatu wilayah yang mengacu kepada aturan tata ruang menjadi kunci keberlangsungan

Bisnis.com, JAKARTA--Persoalan tata ruang menjadi kunci pengembangan bisnis kawasan dan properti di suatu wilayah.

Karena itu pemahaman yang benar dan taat hukum atas pengembangan suatu wilayah yang mengacu kepada aturan tata ruang menjadi kunci keberlangsungan proyek dan terhindar dari gugatan publik maupun individu tertentu.

Berikut sejumlah istilah yang biasa digunakan dalam pembahasan soal tata ruang.

Yang dimaksud wilayah adalah ruang yang merupakan kesatuan geografis beserta segenap unsur terkait padanya yang batas dan sistemnya ditentukan berdasarkan aspek administratif dan aspek fungsional.

Adapun peta struktur ruang adalah peta dalam RTRW (Nasional, Provinsi, Kabupaten/Kota) yang memuat rencana pembagian wilayah, rencana sistem pusat pelayanan, rencana pengembangan kegiatan-kegiatan khusus, rencana sistem jaringan transportasi, dan rencana pengembangan fasilitas dan utilitas.

Rencana Tata Ruang mencakup tata ruang wilayah nasional, tata ruang wilayah Daerah Provinsi dan tata ruang wilayah Daerah Kabupaten/Kota, termasuk tata ruang pertahanan keamanan negara dan lingkungan hidup.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rustam Agus
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper