Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Biaya Kargo Citilink Bagi Kegiatan Kemanusiaan Didiskon 50%

Bisnis.com, JAKARTA - Penyedia jasa penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC) Citilink Indonesia memangkas ongkos kargo hingga 50% terutama pada kegiatan angkut untuk kegiatan kemanusiaan ke seluruh destinasi yang dilayani maskapai. 
Amri Nur Rahmat
Amri Nur Rahmat - Bisnis.com 13 Agustus 2013  |  15:29 WIB
Biaya Kargo Citilink Bagi Kegiatan Kemanusiaan Didiskon 50%
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penyedia jasa penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC) Citilink Indonesia memangkas ongkos kargo hingga 50% terutama pada kegiatan angkut untuk kegiatan kemanusiaan ke seluruh destinasi yang dilayani maskapai. 

Arif Wibowo, CEO Citilink Indonesia, mengemukakan kebijakan tersebut juga diikuti dengan pemberian diskon hingga 5% untuk transaksi pembelian tiket pesawat yang dilakukan oleh petugas kemanusiaan saat ingin menuju salah satu destinasi yang tengah tanggap darurat.

"Selain itu, kami juga telah menyediakan opsi donasi kemanusiaan sebesar Rp5.000 per setiap transaksi [pembelian tiket] calon penumpang yang ingin memberikan sumbangan untuk mendukung kegiatan kemanusiaan," ujarnya, Selasa (13/8/2013).

Dia menambahkan, seluruh kebijakan tersebut tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) antara Citilink Indonesia dan Palang Merah Indonesia (PMI) yang mempunyai durasi perjanjian hingga lima tahun mendatang.

Menurut Arif, dengan adanya MoU tersebut, Citilink Indonesia juga resmi menjadi travel partner bagi PMI dalam menjalankan tugas kemanusiaan maupun pelaksanaan kegiatan tanggap darurat.

Kegiatan penggalangan dana serta aksi donor darah juga bakal terus dilakukan Citilink bersama PMI secara berkelanjutan sebagai bagian dari MoU antara kedua belah pihak yang ditandatangani, Selasa (13/8/2013).

Ketua PMI Jusuf Kalla mengatakan kebijakan pemangkasan ongkos karga hingga 50% serta 5% untuk passenger kegiatan kemanusiaan serta masuknya Citilink sebagai travel partner, diharapkan mampu lebih meningkatkan kinerja pelayanan PMI secara efesien dan efektif dalam penanganan tanggap darurat, baik bersifat evakuasi maupun penyaluran bantuan logistik ke daerah bencana.

"Tentunya [kerjasa sama dengan Citilink] akan lebih mempermudah dan akan sangat bermanfaat bagi PMI dalam menjalankan tugas-tugas kemanusiaan," paparnya.

Adapun, hingga saat ini, PMI mempunyai enam pusat logistik yang harus menyalurkan bantuan ke seluruh provinsi di Tanah Air saat terjadi bencana alam.

Sedangkan Maskapai Citilink sendiri telah mengoperasikan 22 unit pesawat Airbus A320 yang melayani penerbangan ke 19 kota tujuan dengan 21 rute dan 130 frekuensi ke berbagai kota di Indonesia.

"Kami harap, penyaluran bantuan logistik saat dibutuhkan bisa lebih cepat seiring dengan adanya Citilink sebagai travel partner PMI," kata Jusuf Kalla.

Adapun, pihak Citilink Indonesia mengestimasi dana yang mampu terkumpul melaluo opsi donasi kemanusiaan tiket penerbangan hingga enam bulan kedepan bisa mencapai angka Rp4 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

citilink diskon pmi kemanusiaan
Editor : Sepudin Zuhri
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top