Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Puncak Arus Mudik KA Diprediksi 6 Agustus

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktorat Jenderal Perkeretaapiaan mengestimasi pergerakan penumpang moda transportasi KA bakal mencapai 198.007 orang pada 6 Agustus 2013 atau H-2 Lebaran tahun ini. Hanggoro Budi Wiryawan, Direktur Lalu Lintas KA Ditjen Perkeretaapian

Bisnis.com, JAKARTA-- Direktorat Jenderal Perkeretaapiaan mengestimasi pergerakan penumpang moda transportasi KA bakal mencapai 198.007 orang pada 6 Agustus 2013 atau H-2 Lebaran tahun ini.

Hanggoro Budi Wiryawan, Direktur Lalu Lintas KA Ditjen Perkeretaapian Kemenhub, mengemukakan angka tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan perkiraan rerata arus mudik pada kisaran 192.000 orang per hari selama periode Lebaran tahun ini.

"Puncak mudik KA diperkirakan terjadi pada Selasa (6/8/2013), dengan pertimbangan rata-rata pemudik yang didominasi karyawan maupun PNS itu sudah mendapatkan THR, terlebih pada saat itu masuk dalam priode cuti bersama," ujarnya, Selasa (30/7/2013) malam.

Dia menambahkan, secara kumulatif  arus penumpang untuk masa angkutan Lebaran terhitung 1 Agustus hingga 16 Agustus diproyeksi mencapai  3,1 juta orang.

Menurutnya, sebagai langkah antisipasi terjadinya lonjakan penumpang KA di luar ekspektasi, pihaknya bersama operator PT KAI menyiapkan sejumlah skenario operasi dengan memaksimalkan ketersedian slot PLB Lebaran 2013.

Adapun, dari sisi kesiapan sarana KA untuk masa angkutan Lebaran tahun ini, sebanyak 324 unit lokomotif dan 1.580 unit kereta sudah dalam kondisi siap untuk mengakomodasi arus pemudik.

Menurut Hanggoro, kesiapan armada lokomotif tersebut sudah termasuk 37 lok baru seri CC 206 serta 20 unit K3 AC dan 2 MP3 baru dari DJKA untuk KA Krakatau.

Namun, lanjutnya, masih terdapat sejumlah masalah yang bakal dihadapi terkhusus dari sisi kesiapan infrastruktur, di mana pembangunan jalur ganda untuk rute Jakarta-Semarang-Jambon masih terkendala pembebasan lahan sehingga belum bisa mendukung angkutan KA Lebaran tahun ini.

"Tapi, untuk jalur ganda lintas utara dan lintas selatan Jawa sudah siap dioperasikan," katanya.

Dia melanjutkan, pemasangan CCTV juga telah dilakukan di 45 stasiun untuk memantau kelancaran serta keamanan calon penumpang KA, di mana CCTV di tempatkan di peron, loket, ruang tunggu hingga luar stasiun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Amri Nur Rahmat
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper